Sukses

5 Makanan Paling Gila dari Jepang, Kamu Berani Coba?

Dari anggur ular, sperma ikan, ikan buntal, sampai hati mentah, makanan-makanan berikut ini pasti menguji nyali kamu. Berani coba?

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu menganggap dirimu seorang petualang makanan, mungkin kamu perlu mencoba beberapa makanan paling gila di Jepang ini.

Dilansir dari Rocketnews, berikut lima makanan Jepang yang pasti menantang nyali kamu:

1. Habushu

Dikenal juga sebagai anggur ular Okinawa. Ular Okinawa merupakan ular yang sangat beracun, namun kamu dapat menemukan botol-botol berisi ular yang dijadikan anggur di sekitar Okinawa.

Anggur ini menjadi idola di kalangan pria karena dapat mendongkrak dorongan seksual laki-laki. Tak heran, saat para pria Jepang berkumpul, anggur yang satu ini sering kali dihidangkan.

Anggur ini aman untuk diminum karena semua racun larut ke dalam alkohol. Meski demikian, pernah ada satu kasus di mana ular itu masih hidup bahkan setelah berada di botol selama tiga bulan dan menggigit seorang wanita.

2. Shirako

- 

Tidak semua orang berani memakan penganan ini. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang merasa jijik saat harus memakan segumpal sperma ikan raksasa.

Yang pasti, Shirako dibuat dari sperma ikan baik itu ikan salmon, ikan cod, ikan buntal, cumi-cumi, atau anglerfish. Meski dapat disajikan dengan cara digoreng, Shirako lebih sering disajikan mentah dengan soyu.

Yang menjadikannya terasa menjijikkan adalah gumpalannya yang begitu kenyal sehingga kadang sulit untuk ditelan.

3. Fugu

- 

Fugu merupakan salah satu hidangan yang paling terkenal tidak hanya di Jepang, tapi di seluruh dunia. Hidangan ini dibuat dari salah satu ikan paling mematikan: ikan buntal.

Ikan buntal memiliki racun kuat yang dapat menyebabkan mual, lumpuh, sesak napas, bahkan kematian jika tidak segera diobati. Tak ada obat penawar untuk racun ikan buntal.

Satu-satunya cara untuk menyelamatkan korban adalah dengan mengeluarkan isi perut mereka, memberi mereka makan arang aktif, dan membawa mereka ke dokter.

Namun, di Jepang ikan buntal justru menjadi makanan mentah paling menantang. Ternyata, racun ikan buntal dapat ditangani dengan cara khusus.

Koki yang menyiapkan fugu haruslah menjalani pelatihan selama bertahun-tahun dan lulus tes untuk mendapatkan lisensi membuat fugu. Sebagian besar kasus keracunan fugu adalah akibat orang-orang yang secara sembarangan mengolahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suzumebachi

4. Suzumebachi

Lebah pembunuh Jepang merupakan salah satu serangga paling mematikan di dunia. Namun di Jepang, kamu justru mengonsumsinya.

Dengan menghilangkan racun pada lebah, bahaya dari mengonsumsi serangga ini dapat dihindari. Suzumebachi cukup langka dalam masakan Jepang, tapi biasa dihidangkan dalam beberapa bentuk, yaitu: minuman berenergi, biskuit, dan dimakan mentah.

5. Hati mentah

- 

Meski telah dilarang oleh pemerintah Jepang, hati mentah sempat menjadi makanan favorit di kebanyakan restoran Jepang.

Hati sapi mentah dilarang pada tahun 2012 setelah lima orang terjangkit bakteri E. coli dan meninggal karena mengonsumsi hati sapi mentah. Sementara hati babi mentah dilarang baru mulai dilarang pada tahun 2015.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini