Sukses

Ritual Mandi-Mandi di Kampung Tugu, Penasaran ?

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan kali ini bersama Ngojak (salah satu komunitas diskusi tentang peradaban di Jakarta). Tujuannya adalah ke Kampung Tugu, tempat akan diadakan ritual “Mandi – Mandi di Kampung Tugu”.

Kampung Tugu terletak di Jakarta Utara daerah yang menyimpan sejarah besar bangsa Indonesia. Bertepatan dengan acara Mandi-Mandi yaitu acara tradisi yang dilakukan oleh para peranakan Portugis Malaka.

Biasanya masyarakat Betawi mayoritas beragama islam lain halnya dengan warga Kampung Tugu yang mayoritas beragama kristen Katolik. Namun dengan keberagaman itu tidak menjadi kendala untuk menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis. Acara ini juga sebagai ajang silaturahim warga Kampung Tugu dengan masyarakat sekitar.

Cara merayakan Mandi – Mandi yaitu dengan hanya menorehkan campuran bedak dan air ke wajah. Tidak lupa alunan Keroncong Tugu yang mendayu menghibur dengan lagu-lagu khas masyarakat Betawi.

Acara ini juga dihadiri masyarakat yang bukan berasal dari Kampung Tugu seperti, komunitas pencinta sejarah, wartawan media dan juga yang paling penting kehadiran Mantan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao.

Simak selengkapnya baca DISINI.

Penulis :

Imelia

Universitas Terbuka

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @SahabatLiputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Guru SM3T Adakan Festival Anak Sholeh di Kepulauan Sula, Malut
Artikel Selanjutnya
Komunitas PAY & DO IT Buka Bersama Dengan 1500 Anak Yatim