Sukses

Arsenalna, Stasiun Kereta Bawah Tanah Terdalam di Dunia

Kereta api sampai sekarang masih menjadi alat transportasi andalan di banyak negara.

Liputan6.com, Jakarta Kereta api sampai sekarang masih menjadi alat transportasi andalan di banyak negara. Mereka menempatkan stasiun-stasiun kereta itu di dalam perut bumi. Biasanya stasiun tersebut tidak terlalu dalam dari permukaan tanah.

Namun salah satu stasiun kereta bawah tanah yang ada di Kiev, Ukraina ini sungguh unik. Stasiun ini berada di kedalaman 105,5 meter di bawah permukaan tanah. Stasiun Arsenalna, merupakan stasiun bawah tanah terdalam di dunia.

Arsenalna, Stasiun Kereta Bawah Tanah Terdalam di Dunia

Kedalaman stasiun kereta ini setara dengan ketinggian Patung Liberty yang berdiri kokoh di New York. Untuk naik kereta bawah tanah di stasiun ini, penumpang harus menuruni eskalator yang tampak seperti tak ada ujungnya. Setiap orang rata-rata perlu waktu 5 menit untuk menuju ke tempat ini.

Kenapa stasiun ini dibangun di perut bumi yang begitu dalam? Rupanya hal ini berkaitan dengan keadaan alam Kiev yang bergunung-gunung. Pintu gerbang stasiun ini berada di dalam lembah yang curam di pinggir Sungai Dnieper.

Arsenalna, Stasiun Kereta Bawah Tanah Terdalam di Dunia

Stasiun metro terdalam kedua di dunia terletak di Saint Petersburg metro. Untuk mencapai stasiun ini, setiap orang harus berjalan sejauh 86 meter ke dalam tanah. The Saint Petersburg Metro memiliki beberapa eskalator terpanjang di dunia, melebihi 130 meter.

Arsenalna, Stasiun Kereta Bawah Tanah Terdalam di Dunia

Uni Soviet juga memiliki beberapa stasiun kereta bawah tanah, yakni   Taman Pobedy yang terletak di Metro Moskow. Stasiun ini berada di kedalaman 84 meter di bawah tanah.

Menarik kan?

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.