Sukses

5 Fungsi Airplane Mode yang Menguntungkan saat di Darat

Selain untuk keselamatan, tahukah kamu bahwa airplane mode memiliki fungsi lain yang sebenarnya juga bisa kita gunakan saat kita di darat?

Liputan6.com, Jakarta - Fungsi Lain Airplane Mode dalam smartphone (Android, iOS, Windows Phone dan BlackBerry) tentunya sudah banyak yang tahu. Airplane mode atau modus penerbangan ini disediakan bagi pengguna smartphone yang ingin tetap menggunakan perangkatnya tanpa takut mengganggu sistem komunikasi pesawat saat terbang.

Namun selain untuk keselamatan, tahukah kamu bahwa airplane mode memiliki fungsi lain yang sebenarnya juga bisa kita gunakan saat kita di darat (tidak sedang terbang). Kira-kira apa saja fungsi lainnya? Berikut ulasannya.

1. Menghemat Baterai

Saat kita tahu sisa baterai kita sedikit namun kita harus menelpon seseorang beberapa saat nanti, maka airplane mode bisa kita gunakan untuk membantu menghemat baterai. Dengan mengaktifkan fungsi tersebut, maka proses background di sistem smartphone atau tablet akan berhenti.

2. Mempercepat Isi Ulang Baterai

Tak banyak yang tahu jika airplane mode juga bisa membantu proses pengisian ulang daya baterai (charging). Jika kamu terburu-buru ingin baterai smartphone segera terisi, maka kamu bisa mengaktifkan airplane mode sambil menghubungkan kabel dayanya.

Saat airplane mode aktif, semua koneksi seperti seluler, WiFi, Bluetooth, GPS dan lokasi akan dimatikan. Sehingga daya baterai tidak disedot untuk melakukan banyak aktivitas selain isi ulang, dengan begitu baterai akan cepat terisi.

3. Menghindari Gangguan

Smartphone kadang menjadi salah satu pengganggu yang bisa mengalihkan perhatian saat kita sedang berkonsentrasi atau berkendara. Hal ini disebabkan bunyi atau getaran notifikasi yang dikeluarkan, baik itu dari pesan SMS masuk, panggilan telepon, atau notifikasi dari aplikasi chatting lainnya.

Cara terbaik untuk menghindari gangguan smartphone saat berkendara adalah dengan mengaktifkan airplane mode. Dengan aktifnya airplane mode, tidak akan ada notifikasi masuk yang mungkin bisa mengganggumu.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini