Sukses

Perhatikan Stiker Ini Agar Tak Menyesal saat Membeli Buah

Liputan6.com, Jakarta Mengapa tiap buah yang kita beli di toko atau swalayan selalu ditempel stiker yang khas ?. Pernahkah kamu berpikir sebenarnya itu stiker apa dan untuk apa?

Ternyata di balik stiker yang menempel pada buah, memiliki arti tersendiri. Stiker itu bahkan menjadi petunjuk dari kualitas pada buah yang akan kita beli. Setiker itu biasa disebut dengan PLU.

PLU merupakan singkatan dari Price Look-UP Code, semacam  kode khusus yang sengaja ditempelkan pada buah. Sebagai konsumen buah, tentunya kita harus paham arti dari kode- kode yang ditempel pada buah ini. Agar kita mendapatkan buah sesuai dengan keinginan.

Jenis buah terbaik, dimulai dengan angka 9, dengan 5 kode digit. Jika stiker ini tertempel pada buah, artinya buah ini menggunakan pupuk alami alias dikembangkan dengan sistem pertanian tradisional.

Dimulai dengan angka 8, kode 5 digit. Buah ini merupakan buah dengan proses modifikasi genetik agar bisa tumbuh. Dalam artian buah ini hidup karena adanya transgenik. Karena hal itu, buah dengan kode seperti ini menjadi perdebatan. 

Buah yang memiliki kode 4 digit, yang dimulai dengan angka 3 atau 4. Kode ini menempel pada buah yang memiliki kandungan pestisida dan pupuk yang cukup banyak, dengan teknik agronomik. 

Bagaimana jika kita menemukan buah yang tidak memiliki kode PLU? Sebaiknya kamu berhati-hati dengan hal ini. Bisa saja, buah ini masuk ke swalayan, dengan kondisi yang tidak baik. Atau sengaja dilepas dengan maksud tertentu. 

Sebagai konsumen buah, kita tentu tidak boleh dirugikan oleh hal-hal semacam ini. Karena sudah pasti kita harus mengkonsumsi buah setiap harinya.

Penulis:

Ilham Pratama

Mahasiswa Universitas Moestopo(Beragama)


Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: sahabatliputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

    Artikel Selanjutnya
    3 Menu Istimewa yang Bisa Dibuat dengan Tokebi Platinum
    Artikel Selanjutnya
    Buat Roti Sehat Sendiri dengan Bread Maker No. 1 Ini