Sukses

11 Manfaat Sayur Kailan yang Tak Banyak Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Sayuran ini seringkali dijumpai pada Chinese Food. Namun, tak perlu khawatir, jenis sayuran ini sudah banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional atau supermarket di Indonesia. Pada umumnya, sayur kailan ini diolah dengan cara ditumis bersama dengan bahan lainnya seperti bawang putih, daging sapi, saus tiram dan lain-lain. Seluruh bagian sayur kailan ini dapat dikonsumsi, mulai dari batang hingga daun.

Sayur kailan ini dapat diklarifikasikan sejenis dengan kembang kol atau brokoli. Dibandingkan dengan kedua jenis sayuran tersebut, kailan memiliki nilai gizi yang paling tinggi.

Tahukah kamu bahwa sayur kailan memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap bagi tubuh? Kailan kaya akan kandungan vitamin, kalsium, luthein, serat, mineral dan protein, serta nutrisi lainnya. Warna hijau sayur kailan ini mengandung vitamin A, C, E, dan K yang sangat tinggi daripada jenis sayuran hijau lainnya.

Oleh karena itu, sayur kailan ini sangat bermanfaat sebagai penghasil antioksidan yang baik bagi tubuh. Nah, berikut ini mari kita simak khasiat sayur kailan bagi kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi yang tinggi di dalamnya.

1. Mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh

Kandungan vitamin K dan serat dalam sayur kailan dapat mengurangi kadar lemak dalam darah sehingga mengurangi resiko penyumbatan pembulu darah. Oleh karena itu, jenis sayuran ini dapat mencegah terjadinya serangan jantung atau stroke akibat timbunan lemak dalam darah.

2. Mencegah pembentukan sel kanker

Zat hijau atau klorofil pada sayur kailan memiliki peranan sebagai antioksidan dalam tubuh yang dapat mengurangi resiko kanker. Ketika kita mengkonsumsi kailan, maka tubuh kita akan menghasilkan enzim yang berfungsi menyerang sel-sel kanker. Menurut beberapa ahli, sayur kailan ini merupakan salah satu jenis sayuran anti kanker.

3. Membantu menurunkan resiko diabetes

Selain mengandung berbagai vitamin, sayur kailan juga mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk menstabilkan kadar gula yang berlebihan dalam darah. Sebaiknya, dikonsumsi secara rutin dan hindari merebus kailan dalam air terlalu lama, karena akan mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Mengejutkan, Sayur dan Buah Ini Bisa Dimakan Secara Utuh
Artikel Selanjutnya
6 Jenis Pekerjaan yang Bisa Buat Berat Badan Anda Naik