Sukses

Penelitian: Menjadi Orangtua Perpanjang Usia Anda 2 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi orang tua memang tidak mudah. Kurang tidur dan stres dalam membesarkan anak adalah sesuatu yang alami dirasakan para orang tua.

Akan tetapi, siapa sangka? Penelitian baru dari para ilmuwan justru mengungkap bahwa menjadi orang tua adalah salah satu rahasia berumur panjang.

Berdasarkan penelitian ahli kesehatan Swedia pada 1,5 juta orang, ditemukan bahwwa mereka yang memiliki setidaknya satu anak memiliki harapan hidup yang lebih besar. Pasalnya, anak-anak akan memberikan dukungan penting untuk orang tua saat mereka semakin menua.

Dalam Journal of Epidemiology and Community Research, para peneliti menyebutkan kalau dukungan dari anak yang telah dewasa pada orang tua sangat penting untuk kesehatan dan umur panjang mereka. Pada usia 60 tahun, seorang ayah dapat bertahan hidup dua tahun lebih lama dibanding pria tanpa anak. Sementara untuk seorang ibu perbedaannya 1,5 tahun.

Melansir dari Dailymail, Selasa (14/03/2017), para ilmuwan dari Karolinska Institute di Stockholm menemukan bahwa semakin tua seseorang, semakin besar pula manfaat yang diperoleh dari memiliki anak.

Berdasarkan kesimpulan mereka, memiliki anak berhubungan erat dengan peningkatan harapan hidup seseorang. Terutama saat ia beranjak tua.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Unik, Pelihara Semut di Akuarium Kini Jadi Tren Kekinian
Artikel Selanjutnya
Unik, Persahabatan Lansia Penyelam dan Ikan Keramat