Sukses

Insinyur Muslim Malaysia Ubah Padang Pasir jadi Ladang Gandum

Hasilnya, padang pasir yang tandus bisa ditumbuhi tanaman gandum yang hijau.

Liputan6.com, Jakarta Niat baik Zuraimi Isa, insinyur dari Universitas Teknologi Mara, Malaysia untuk membantu negara-negara miskin di dunia, akhirnya terwujud. Ia berhasil mengubah padang pasir yang gersang di Sudan menjadi ladang gandum yang subur.

Ladang GandumZuraimi menciptkan sebuah teknologi yang dapat mendatangkan air dalam sekala besar. Teknologi ciptaannya mampu mengairi setengah dari luas padang pasir. Hasilnya, padang pasir yang tandus bisa ditumbuhi tanaman gandum yang hijau.

Proyek yang dikerjakan Zuraimi merupakan proyek suka rela, sebanyak 80% dari hasil gandum itu akan disumbangkan untuk negara miskin yang membutuhkan. Sementara sisanya akan digunakan untuk memperbaiki kerusakan alat-alat.

"Ini proyek suka rela. Proyek ini lebih memberi kepuasan batin untuk saya," ujarnya sebagaimana dilansir My NewsHub.

Sementara ini, Zuraimi akan fokus menghijaukan padang pasir di negara-negara miskin di Afrika. Lelaki asal negeri Klantan ini berharap proyek ini akan semakin maju dan besar agar dapat membantu lebih lagi.

Keuletan Zurami membuktikan bahwa tidak yang tidak mungkin jika segalanya dikerjakan dengan sungguh-sungguh, sabar, dan jujur. Ketiga hal itu menjadi prinsip utama Zuraimi dalam menghijaukan padang pasir yang tandus.

"Jujur dalam bekerja, jujur dalam berteman dan juga jujur dalam kehidupan. Bila kita jujur dalam bekerja. Walaupun terkadang kita berada di pihak minoritas, ALLAH SWT akan bukakan jalan untuk kita,” tuturnya.

 

Penulis:

Nadia Donna

Isntitut Pertanian Bogor

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini