Sukses

Faizal dari Brebes, Muda Kaya Raya dari Kedai Susu

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin sukses, baik sukses dalam hal usaha sendiri ataupun sukses dalam hal pekerjaan yang digelutinya. Kesuksesan memang tidak mengenal usia. Banyak orang yang sukses ketika sudah dewasa namun, tidak sedikit juga orang-orang yang sukses dalam usianya yang terbilang masih muda.

Mohamad Faizal Hidayat, seorang pengusaha asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tidak pernah menyangka bahwa ia akan sukses di usianya yang terbilang masih sangat muda. Lelaki berusia 23 tahun itu membuka bisnis kedai susu bersama teman dan kekasihnya.

Awalnya bisnis milik Faizal ini hanya bermodalkan sejumlah Rp 1,3 juta. Faizal menggunakan modal itu untuk menyewa tempat di sekitar kampus Unnes, Semarang. Kafe susu itu pertama kali didirikan pada tanggal 02 September 2013. Untuk menghias kafe, Faizal menggunakan lampu dan cat bekas untuk meminimalisasi pengeluaran.

Mohamad Faizal Hidayat Perlahan tapi pasti, kafe yang ia dirikan semakin naik daun. Omzet yang ia dapatkan perbulannya mencapai 60 juta. Hingga saat ini, terdapat 15 cabang kafe susu di berbagai daerah di Indonesia, yaitu Kudus, Salatiga, Magelang, Tegal, Blora, Jember, Tasikmalaya, Garut, Bali, Lombok, Porwodadi, Rembang, dan Semarang.

“Setiap satu cabang, saya mempekerjakan 10-15 karyawan. Jadi total karyawan saya ada sekitar 150-an,” ujar Faizal.

Dalam menjalankan bisnisnya, Faizal selalu mengambil bahan baku susu dari Semarang, yang disuplai oleh para peternak dari Gunung Pati. Kini, omzet yang ia dapatkan sudah mencapai Rp 900 juta perbulan.

Faizal berharap, kedai susunya bisa berkembang hingga ke ranah internasional.
“Usaha susu saya ini kan susu asli Indonesia. Kalau kopi sudah banyak, nah ternyata susu juga banyak segmentasinya,” kata Faizal.

Penulis:
Nadia Donna

Mahasiswi Institut Pertanian Bogor

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.