Sukses

Makanan yang Aman Dimakan Meski Terjatuh Lebih dari Lima Menit

Liputan6.com, Jakarta - 'Belum lima menit' mungkin menjadi kalimat yang sering kita ucapkan saat makanan jatuh. Namun, sebenarnya seberapa amankah memakan makanan yang jatuh sebelum lima menit?

Sebuah penelitian ilmiah menunjukkan pedoman makanan-makanan apa saja yang boleh dimakan sebelum lima menit hingga setengah jam.

Para peneliti di Aston University, Birmingham menemukan bahwa makanan seperti permen dan pasta masih diperbolehkan untuk dimakan sebelum lima detik setelah jatuh ke lantai. Semakin lama mereka berada di lantai keras, semakin banyak bakteri yang terikat.

Bagaimanapun, semuanya tergantung lantai tempat makanan tersebut jatuh. Para peneliti menemukan perbedaan makanan yang jatuh di atas karpet, keramik, dan ubin.

Bila makanan jatuh di karpet, tak ada bedanya apapun makanan tersebut, bakteri akan menempel setelah tiga atau 30 detik. Sementara bila jatuh di atas keramik atau ubin, semakin cepat diambil semakin baik.

Jenis makanan seperti lasagna, permen, es, dan permen karet adalah makanan yang lebih cepat ditempeli bakteri ketimbang roti dan biskuit.

"Orang-orang mungkin tidak menyadari bahwa makanan kering dan makanan keras memiliki risiko yang lebih kecil saat jatuh ke lantai. Selain itu, kemungkinan seseorang sakit dari makanan yang jatuh di lantai sangatlah kecil," jelas Anthony Hilton, peneliti utama studi tersebut seperti dikutip dari Dailymail.

- 

Ia melanjutkan kalau permen dan pasta bentuknya cenderung berubah setelah jatuh ke lantai. Hal ini membuat jenis makanan tersebut lebih gampang dihinggapi bakteri.

Sementara bagi makanan keras, meski tidak terlalu berpengaruh seberapa lama makanan tersebut jatuh di lantai, alangkah lebih baik membuang bagian bawah yang menempel di lantai sebelum dimakan kembali.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Unik, Pelihara Semut di Akuarium Kini Jadi Tren Kekinian
Artikel Selanjutnya
Banjir Kritik, Beruang Cokelat Dibiarkan Kurus Kelaparan