Sukses

Aneh, Bangun Tidur Orang Ini Mendadak Jago Main Piano

Liputan6.com, Jakarta Derek Amato (44) kini menikmati karirnya sebagai pianis terkemuka di Amerika Serikat. Sebanyak 8 instrumen rumit telah ia ciptakan meski sebelumnya ia tak paham sama sekali bagaimana memainkan piano.

Melansir Daily Mail, kisah Amato dimulai pada 2006. Saat itu, ia divonis menderita gegar otak akibat benturan keras di kepala. Amato diduga frustasi dan sengaja melukai dirinya sendiri dengan melompat ke kolam renang yang dangkal.

"Ketika aku bangkit dari kolam, teman-teman melihatku tanpa bisa berkata-kata. Telingaku berdarah dan aku tidak bisa mendengar apa-apa," ujarnya.


Kinerja: Amato tidak bisa membaca musik, tetapi mengatakan gambar di kepalanya memberitahunya cara bermain
Seketika itu Amato limbung, ia dibawa ke Rumah Sakit Wisconsin Medical Sociaty, Colorado. Ia tidak koma namun tertidur selama kurang lebih 4 hari.

Hebatnya, Amato terbangun dengan memiliki bakat baru. Ia tiba-tiba andal bermain piano. Padahal sebelum kepalanya terbentur, ia tak pernah sekalipun memelajari piano.

Amato yang tak bisa membaca not musik mengatakan, ia tiba-tiba saja tahu mana tuts piano yang harus ditekan antara yang hitam dan putih sehingga membentuk satu instumen.

"Ketika melihat piano, isi kepalaku mengetahui semuanya. Itu yang mendasari jari-jariku bergerak," katanya.

Andrew Reeves, dokter yang menangani Amato mengatakan bahwa Amato mengalami apa yang disebut acquired savant syndrome. Satu kondisi yang membuat orang-orang mendapat kemampuan menakjubkan setelah menderita trauma di kepala.

Konser: kemampuan-Nya sehingga dia berkarir di musik setelah serangkaian pekerjaan gagal dan tunawisma

"Kejadian ini cukup langka dan unik. Savant syindrome bisa memengaruhi kemampuan artistik, musik, matematika, dan lain sebagainya," jelasnya.

Meski langka, dr Reeves mencatat, ada lebih dari 30 orang di dunia ini mengalami savant syndrome. Mereka mempunyai kemampuan yang luar biasa setelah kecelakaan.

Amato merupakan salah satu dari sekian orang di dunia yang menderita cidera otak dan kemudian bangun dengan bakat yang luar biasa. Sejauh ini belum ada teori yang paten untuk menjelaskan  savant syndrome.

hidup baru: Amato sekarang bekerja sebagai musisi dan sekarang merekam album kedua

Namun banyak peniliti percaya, savant syndrome terjadi ketika otak kanan mengompensasi cedera pada otak kiri atau sebaliknya.  

Semakin ke sini, kemahiran Amato dalam memainkan piano semakin bertambah. Sekarang ini ia berkarir sebagai musisi yang telah merampungkan album ketiga.


(war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Laura Tewas, Haidar Kembali Rencanakan Balas Dendam Pada Alena
Artikel Selanjutnya
Michelle Ziudith dan Maxime Bouttier Saling Tuduh Karena Hal Ini