Sukses

Beruang Air, Hewan yang Lebih Kuat dari Superhero Manapun

Liputan6.com, Jakarta Ilmuwan mengumpamakan, beruang air alias tardigrade lebih kuat dibanding superhero fiksi manapun. Hewan kecil berukuran 1,5 milimeter ini bisa hidup di manapun. Mulai dari puncak Himalaya sampai dasar samudra.

Beruang air satu-satunya hewan yang tahan banting di dunia. Ia mampu beradaptasi di lingkungan yang ekstrem. Ia juga bisa bertahan hidup di lingkungan beku dengan suhu 0 derajat celcius. Hebatnya, beruan air juga bisa beradaptasi di lingkungan dengan suhu yang panas bahkan hingga 151 derajat.

Melansir news.com.au, beruang air bisa bertahan hidup semisal terjadi perang nuklir di dunia ini. Ia mampu melindungi tubuhnya dari radiasi sebesar 570.000 Rad, seribu kali lebih tinggi dibandingkan jumlah radiasi yang dapat diterima makhluk hidup lainnya.

Ahli Biologi dari North Carolina University, Thomas Boothby mengatakan, beruan air mempunyai kemampuan mengaktifkan trehalosa. Semacam protein untuk memperkuat dinding sel sekaligus melindungi mereka dari kerusakan.

"Ini pertanyaan yang sangat menarik tentang bagaimana sebuah protein dapat berfungsi sedemkian rupa di dalam sel," ujarnya.

Kemampuan unik lainnya dari tardigrada adalah dapat bertahan di keadaan angkasa luar yang hampa udara. Pada satu penelitian di September 2007, beruang air dapat hidup selama selama 10 hari di luar angkasa.

Beruang air mengangkasa menggunakan pesawat luar angkasa FOTON-M3 oleh European Space Agency, dapat bertahan hidup meski terpapar sinar kosmik, dan dapat bertahan dari UV matahari 1000 kali lebih tinggi dibandingkan radiasi di permukaan bumi. Jadi tidak berlebihan jika ilmuwan menyebut hewan ini lebih kuat dari superhero manapun. 

 

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Seperti Otak Manusia, Makhluk Misterius Ini Bikin Heboh Ilmuwan
Artikel Selanjutnya
Manfaat Pelihara Hewan Kesayangan bagi Anak