Sukses

5 Mahasiswa UMY Ikuti Kampanye Melestarikan Alam dari UNESCO

Liputan6.com, Jakarta Saat ini berbicara tentang kerusakan alam, seperti tidak ada habisnya. Mulai dari masalah sampah, kualitas air, efek rumah kaca, limbah, hingga polusi udara terus menjadi momok yang terus menghantui kehidupan kita saat ini.

Dalam hal ini, peran generasi muda sangat diharapkan untuk menjaga kelestarian alam. UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural), menggelar suatu even dengan nama Youth Leadership Camp for Climate Change di situs Biosphere Cibodas.

Pesertanya sendiri sengaja dipilih dari kalangan mahasiswa, di mana diharapkan mereka yang berusia muda mampu menggalakan tentang perubahan. Terutama tentang kecintaan terhadap alam.

Adalah lima mahasiswa UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) yang berkesempatan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan pada 4-6 Februari 2017 ini. Kesempatan ini terbilang langka. Karena dari 800 orang yang mendaftar, hanya 50 orang yang beruntung mengikuti acara ini.

Widya Puspitasari. Miraj Maghfirah, Andi Firmansyah, Sandi Nursamdani, dan Ammar Hidayatullah merupakan mahasiswa UMY yang mendapat materi tentang bagaimana berkampanye menjaga alam ditengah perubahan iklim yang ekstrim.

Tentunya ilmu yang mereka dapatkan nantinya bisa  bermanfaat, dan mereka sebarluaskan untuk mempengaruhi masyarakat luas.

Nyatanya, ketika event berakhir lima mahasiswa ini membuat konten video, sesuai dengan materi yang mereka dapatkan di acara tersebut.

Andi mengatakan, "Setelah kegiatan ini, kami membuat video yang baik untuk mengkomunikasikan kesadaran terhadap perubahan iklim, dan mampu berkontribusi menjaganya perubahan iklim karena pengaruh carbon yang buruk seperti mencharge handphone berlebihan, hingga menghemat energi listrik seperti untuk tidak menyalakan lampu secara berlebihan," ungkapnya.

Widya juga berharap, nantinya UMY mampu menjadi green campus. Dan bisa menyebarkan pesan agar orang orang lebih sadar dan bertanggung jawab atas lingkungan sekitarnya.

Penulis

Ilham Putra Prtama
Universitas Moestopo

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Ngeri, 5 Teknologi Ini Berpotensi Memusnahkan Manusia
Artikel Selanjutnya
Mahasiswa Undip Bentuk 40 Kader Kesehatan Sekolah