Sukses

Penjelasan Ilmiah dari Ungkapan Nama Adalah Doa

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan nama untuk anak, biasanya selalu diasosiasikan dengan frase 'nama adalah doa.' Oleh karena itu, tiap orang tua seringkali membawa banyak sekali filosofi di balik sebuah nama yang diberikan kepada anaknya.

Namun bisakah hal ini berpengaruh nantinya di kehidupan sang anak? Bisakah ilmu pengetahuan menjelaskan secar ilmiah bagaimana hal ini bisa berpengaruh?

Ternyata hal ini cukup erat kaitannya dengan sains, di mana penamaan anak punya dampak yang cukup serius dalam jangka panjang. Berbagai riset ternyata telah menunjukkan kalau sebuah nama saja bisa mempengaruhi berbagai hal seperti kesuksesan hingga popularitasnya di masa depan.

Hal ini tidak serta merta merupakan doa yang jadi pengaruh, namun bagaimana penamaan seorang anak mempengaruhi bagaimana pandangan orang lain terhadap dirinya.

Dilansir dari Medical Daily, seorang profesor yang meneliti tentang hal ini menyatakan bahwa ada 4 kategori sebuah nama dipandang masyarakat: dipandang sebagai nama yang beretika dan perhatian, nama yang menyenangkan dan populer, nama feminin, serta nama maskulin. Menurut sang profesor, sebuah nama bisa dianalisa bagaimana nama tersebut masuk dalam kategori apa Sebuah nama bisa mencetak angka tinggi di sebuah kategori, namun bisa sangat rendah di kategori lain.

Sebagai contoh, sang profesor menemukan kesimpulan dari riset bahwa guru akan memberi nilai lebih baik pada seorang siswa dengan nama yang terdengar pintar. Selain itu, para pemilih untuk ajang kontes kecantikan akan cenderung memilih kontestan dengan nama yang feminin.

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Tere Liye dan Profesi Penulis yang Masih Dipandang Sebelah Mata
Artikel Selanjutnya
Tak Ada Pemenang Pertama dalam Sayembara Kritik Sastra DKJ 2017