Sukses

6 Penyakit Mematikan yang Tak Menampakkan Gejala Awal

Liputan6.com, Jakarta Sistem pertahanan tubuh biasanya akan memberi sinyal jika sedang terserang penyakit. Misalnya ketika terserang flu, biasanya tubuh akan langsung merespons dengan rasa sakit di tenggorokan, kepala pusing hingga demam.

Tapi rupanya, tidak semua penyakit dapat dideteksi tubuh sejak dini. Para peneiliti mengatakan, padahal peyakit tersebut merupakan penyakit yang mematikan. Bahkan ketika akhirnya dapat disakan tubuh, biasanya penyakit itu sudah sangat parah.

Melansir dari Livestrong, berikut beberapa penyakit mematikan yang gejalanya tidak bisa dirasakan di awal.

1. Diabetes



Diabetes atau biasa disebut dengan penyakit kencing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin. Tidak ada tanda-tanda pasti untuk gejala awal penderita diabetes.

Penglihatan kabur, kehilangan berat badan, dan serangan jantung, rupanya bukan pertanda awal orang menderita diabetes. Melainkan sudah memasuki tahap diabetes yang cukup serius.

1 dari 6 halaman

2. Kolesterol tinggi

Ada dua jenis kolesterol, yakni kolestrol baik dan kolesterol jahat. Namun keberadaan kolesterol jahat biasanya akan menyingkirkan kolsterol baik. Tidak ada tanda-tanda awal orang menderita penyakit kolesterol tinggi. Hanya saja ketika kadar kolesterol sudah membentuk plak di aliran darah, maka penderita akan mengalami stroke bahkan serangan jantung.

2 dari 6 halaman

3. Hipertensi

Sudah banyak kasus orang meninggal akibat hipertensi yang tak terdeteksi. Penyakit ini bahkan dijuluki sebagai silent killer (pembunuh diam-diam). Orang yang menderita hipertensi bisa sewaktu-waktu meninggal dunia karena pembuluh darah yang pecah. Hipertensi juga bisa langsung mengarah ke jantung dan stroke.

3 dari 6 halaman

4. Kanker


Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Masalahnya, kanker tidak menujukkan gejala awal yang pasti. Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan.

4 dari 6 halaman

5. Hepatitis

Livestrong merinci, sebanyak 80% penderita hepatitis tidak menyadari jika mereka mengidap hepatitis. Hepatitis adalah penyakit yang menyebakan disfungsi liver. Umumnya penderita akan ketahuan mengidap penyakit ini ketika telah memasuki tahap hepatitis tipe C.

5 dari 6 halaman

6. Osteoporosis

Osteoporosis atau rapuhnya kepadatan tulang sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda sejak awal. Osteoporosis banyak menyerang orang-orang lanjut usia. Kekurangan kalsium menjadi faktor utama seseorang terserang osteoporosis.

Masih ada beberapa penyakit mematikan yang tidak menujukkan gejala di awal. Selain menerapkan gaya hidup yang sehat, maka sebaiknya kamu juga rutin memeriksa kesehatan.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Hidung Sulit Mencium Bau? Mungkin Ini Penyebabnya
Artikel Selanjutnya
Waspada, Kanker Tiroid Kini Mengintai Pria