Sukses

Ditra Komala, Menginspirasi Anak Muda Melalui Budaya Berbagi

Liputan6.com, Jakarta Di zaman modern seperti saat ini, begitu banyak manfaat kita peroleh dari media social. Baik yang bersifat positif atau pun negatif. Tergantung bagaimana kita mempergunakannya. Seperti halnya yang dilakukan Ditra Komala. Pemuda yang merupakan lulusan dari Indiana University ini memanfaatkan media sosial untuk sebuah kegiatan sosial.

Ditra panggilan akrabnya, mendirikan sebuah komunitas yang diberi nama Budaya Berbagi. Sebuah kegiatan sosial yang didirikan Ditra sejak 8 Oktober 2016. Meskipun baru berdiri sejak 6 bulan lalu, komunitas ini cukup dikenal orang, terutama di kalangan anak muda. Melalui media sosial instagram @budayaberbagi banyak sukarelawan dan donatur yang berpartisipasi.

Ada 3 hal yang membuat Ditra mendirikan komunitas ini. Pertama, terinspirasi dari commencement speech Bill Gates di Stanford University. Kedua, ingin membuat orang lain bahagia. Sementara yang ketiga, ingin menjunjung tinggi bhineka tunggal ika dengan mengutamakan budaya berbagi.

Budaya BerbagiKegiatan pertama yang dilakukan komunitas ini pun sangat sederhana, yaitu membagikan 100 Lunchbag yang berisi makanan, minuman, dan tulisan positif, kepada pemulung di pinggir jalan.

“Kami tidak ingin hanya memberikan bekal makan, tapi kami juga mau memotivasi dan mengubah pola pikir mereka melalui tulisan positif di depan Lunchbag dan notes kecil di dalam Lunchbag,” ucap Ditra saat ditanya mengenai tulisan positif yang disampaikan.

Tujuan dari Budaya berbagi sendiri adalah menginspirasi anak muda usia 18-25 tahun untuk memiliki kebiasaan berbagi .lanjut Ditra

Sejauh ini Budaya berbagi memiliki 2 program yaitu Berbagi Makanan dan Berbagi Kebahagiaan. Berbagi Makanan yaitu memberikan lunchbag berisi makanan, minuman, dan tulisan positif kepada orang yang membutuhkan.

Sedangkan Berbagi Kebahagiaan, yakni melakukan kegiatan nyanyi bersama, nonton bersama, mendengarkan dan berbagi cerita bersama di Panti Asuhan atau Panti Jompo. Kegiatan ini pun rutin dilakukan setiap satu bulan sekali.

Dengan semakin dikenalnya budaya berbagi oleh banyak orang, Ditra berharap bisa menginspirasi masyarakat Indonesia untuk memiliki kebiasaan berbagi kepada sesama terutama orang yang membutuhkan. Bisa mencari akar masalah dan memberikan solusi jangka pendek dan jangka panjang untuk membantu United Nation mencapai beberapa Sustainable Development Goals di tahun 2030.

Ingin tahu apa saja kegiatan Budaya berbagi,Simak artikel selengkapnya di http://m.forum.liputan6.com/t/ditra-komala-menginspirasi-anak-muda-lewat-budaya-berbagi/100101?u=lasmiemamie

 

Penulis:

Lasmie

Citizen Journalist - Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.