Sukses

Cara Memilih Semangka Terbaik ala Petani Buah Senior

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak suka makan semangka? Kebanyakan orang terobsesi dengan buah lezat ini karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Seperti buah lainnya, memilih semangka yang matang juga butuh ketelitian. Anda tidak harus memiliki kemampuan seperti petani berpengalaman. Dengan beberapa tips berikut, Anda bisa memilih semangka terbaik.

1. Bagian berwarna kuning

- 

Bagian berwarna kuning menunjukkan semangka yang matang di atas tanah. Semangka matang selalu memiliki bintik kuning atau bahkan oranye-kuning dan bukan berwarna putih.

2. Anyaman berwarna cokelat

- 

Anyaman berwarna cokelat pada semangka menandakan lebah menyentuh bagian tersebut saat penyerbukan berkali-kali. Semakin sering mengalami penyerbukan, semakin manis buahnya.

1 dari 2 halaman

Perhatikan ukuran

3. Perhatikan ukuran

Lebih baik untuk tidak memilih semangka yang terlalu besar atau terlalu kecil. Pilih buah yang berukuran rata-rata. Dengan catatan, sebesar apa pun buahnya, pastikan beratnya masuk akal untuk ukuran buah tersebut.

4. Periksa 'ekor'

- 

Semangka matang ditunjukkan dengan sisa batang yang mengering. Namun bila sisa batang tersebut berwarna hijau, kemungkinan semangka dipanen terlalu cepat dan tidak matang.

5. Semangka jantan dan betina

Beberapa petani membedakan semangka berdasarkan jenis kelamin. Misalnya, semangka jantan memiliki bentuk memanjang dan berair. Sedangkan semangka betina memiliki bentuk bulat dan sangat manis.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Selai Alpukat yang Kaya Gizi dan Nutrisi di Rumah
Artikel Selanjutnya
6 Makanan yang Bisa Bikin Payudara Anda Lebih Indah