Sukses

Cara Memilih Semangka Terbaik ala Petani Buah Senior

Seperti buah lainnya, memilih semangka yang matang juga butuh ketelitian.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak suka makan semangka? Kebanyakan orang terobsesi dengan buah lezat ini karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Seperti buah lainnya, memilih semangka yang matang juga butuh ketelitian. Anda tidak harus memiliki kemampuan seperti petani berpengalaman. Dengan beberapa tips berikut, Anda bisa memilih semangka terbaik.

1. Bagian berwarna kuning

- 

Bagian berwarna kuning menunjukkan semangka yang matang di atas tanah. Semangka matang selalu memiliki bintik kuning atau bahkan oranye-kuning dan bukan berwarna putih.

2. Anyaman berwarna cokelat

- 

Anyaman berwarna cokelat pada semangka menandakan lebah menyentuh bagian tersebut saat penyerbukan berkali-kali. Semakin sering mengalami penyerbukan, semakin manis buahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan ukuran

3. Perhatikan ukuran

Lebih baik untuk tidak memilih semangka yang terlalu besar atau terlalu kecil. Pilih buah yang berukuran rata-rata. Dengan catatan, sebesar apa pun buahnya, pastikan beratnya masuk akal untuk ukuran buah tersebut.

4. Periksa 'ekor'

- 

Semangka matang ditunjukkan dengan sisa batang yang mengering. Namun bila sisa batang tersebut berwarna hijau, kemungkinan semangka dipanen terlalu cepat dan tidak matang.

5. Semangka jantan dan betina

Beberapa petani membedakan semangka berdasarkan jenis kelamin. Misalnya, semangka jantan memiliki bentuk memanjang dan berair. Sedangkan semangka betina memiliki bentuk bulat dan sangat manis.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.