Sukses

Gus Ipul Dukung Gerakan 1 Juta Lubang Biopori

Liputan6.com, Jakarta Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur mencanangkan pembuatan satu juta lubang resapan biopori di berbagai daerah di Jawa Timur. Pembuatan lubang biopori ini merupakan bagian dari bentuk kepedulian sesuai tujuan berdirinya Gerakan Pramuka.

"Untuk tahun ini, target kita 1 juta lubang biopori, dan kita akan jadikan ini sebagai sebuah gerakan yang diikuti banyak pihak," kata Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka sekaligus Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), usai mencanangkan gerakan biopori di halaman Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis (23/3).

doc: istimewa

Menurut Gus Ipul, jika sukses, maka gerakan 1 juta lubang biopori ini selanjutnya akan ditingkatkan menjadi 10 juta dan bahkan 1 miliar lubang biopori di seluruh Jawa Timur.

Lubang biopori yang dibuat anggota Pramuka ini diharapkan bisa mengurangi ancaman banjir, serta bisa menampung dan menambah cadangan air tanah. "Penduduk Bumi terus bertambah, sementara Bumi dan tanahnya tetap. Salah satu upaya Pramuka untuk ikut peduli terhadap lingkungan ya dengan biopori ini," kata Gus Ipul.

Lubang resapan biopori sendiri merupakan lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air.

Biopori ala Pramuka ini berbentuk lubang di tanah dengan diamter 10 cm dan kedalaman 80-100 cm. Agar lubang tak tertutup tanah, maka lubang selanjutnya diisi sampah organik dari dedaunan kering. Setiap dua-tiga minggu sekali, dedaunan tersebut bisa diganti dan digunakan sebagai kompos.

doc: istimewa

Biopori ala Pramuka ini diciptakan oleh anggota Pramuka Jawa Timur bernama Zamroni dan telah mendapatkan Kalpataru dari presiden, serta mendapatkan penghargaan dari berbagai negara, termasuk dari Amerika dan Australia.

Sementara itu, di halaman Masjid Al Akbar sendiri, secara perdana Gerakan Pramuka membuat sebanyak 45 lubang resapan biopori. Pembuatan biopori di Masjid Al Akbar kali ini diikuti oleh 114 peserta yang berasal dari 38 kwartir cabang se-Jawa Timur ditambah 40 penggalang. (*)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Megawati Pilih Gus Ipul untuk Diusung di Pilkada Jatim
Artikel Selanjutnya
PKB Tegaskan Dukung Gus Ipul di Pilkada Jawa Timur