Sukses

Tips Mengejutkan Sukses Bangun Bisnis Versi Jack Ma

Liputan6.com, Jakarta - Membangun sebuah bisnis dan mempertahankan perusahaan memang bukan perkara gampang. Beberapa perusahaan yang tak mampu bersaing dengan perubahan zaman bahkan memutuskan untuk gulung tikar.

CEO Alibaba Group, Jack Ma berbagi pengalamannya sendiri bagaimana ia bisa menjalankan bisnisnya sukses hingga sekarang.

Pria yang dikenal dengan kata-kata bijaknya itu mengatakan jika sebuah perusahaan atau bisnis akan sukses bila mereka mempekerjakan lebih banyak karyawan perempuan.

"Jika ingin perusahaan kamu sukses, maka kamu harus mempekerjakan perempuan," kata Jack Ma. Alasannya tentu karena perempuan lebih bijaksana.

Dilansir Worldofbuzz, Sabtu (24/3/2017), para perempuan dikenal bersedia membuat perubahan untuk anak-anak mereka, orang tua, suami dan keluarga. Tidak seperti laki-laki yang hanya fokus mendapatkan kenaikan gaji dan promosi.

Jack menyarankan agar pengusaha tidak menghabiskan sejumlah uang untuk melakukan renovasi besar-besaran yang tidak terlalu dibutuhkan kantor, karena itu akan membuat mereka bangkrut.

"Banyak perusahaan yang berhasil bukan karena mereka gagal mempekerjakan orang-orang baik, tapi karena mereka menghabiskan terlalu banyak pada hal-hal yang tidak realistis," lanjutnya.

Ia juga mendorong para kaum muda unuk mulai membuat perubahan sekarang dan menikmati hasi yang bermanfaat dalam 10 tahun ke depan.

"Anak muda, hari ini adalah hari untuk memulai perubahan. Sekarang adalah era revolusi internet, jadi usaha yang kamu lakukan sekarang akan memutuskan bagaimana kamu akan hidup dalam 50 tahun ke depan."

Jack Ma pun mendesak orang-orang untuk bersikap optimis dan berhenti mengeluh jika mereka ingin berhasil dalam hidup.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini