Sukses

Berburu Tiket Mudik Lebaran, Ini Tips Suksesnya

Liputan6.com, Jakarta Tiket kereta api untuk mudik lebaran 2017 sampai H-2 sudah ludes terjual dalam waktu yang sangat cepat, tidak lebih dari 4 jam sesaat setelah dumumkan. Banyak traveler yang kecewa dan sedih mengenai hal ini. Apalagi mereka yang rela begadang sejak semalam sebelumnya.

Beberapa hal yang jadi sebab gagalnya mendapatkan tiket kereta, seperti jaringan internet yang kurang baik, server down, aplikasi error, dan malah ketika dibuka listnya sudah ada keterangan habis semua.

Bagi yang belum mendapatkan tiket jangan bersedih dulu, kalian masih bisa 'hunting' tiket, karena pihak KAI akan menyediakan tempat duduk tambahan yang bisa dipesan pada H-60 keberangkatan kereta. Nah, belajar dari pengalaman pribadi yang sudah gagal berkali-kali, ada baiknya kamu mengikuti langkah ini.

1. Siapkan diri untuk begadang, jangan sampai tiket belum dibuka, eh kamu sudah ketiduran.

2. Siapkan handphone dan pc serta aplikasi-aplikasi yg bisa melakukan pemesanan tiket kereta, seperti padiciti, kai access, travelloka dan lainnya, lihat yang reviewnya bagus. lebih banyak buka aplikasi peluangnya lebih besar.

3. Periksa jaringan internetmu, baik koneksinya maupun kuota, jangan sampai ditengah-tengah pemesanan kuota mu habis.

4. Siapkan semua data diri yang diperlukan seperti nama lengka dan nomor identitas, lebih baik data ini disimpan di dalam handphone ataupun pc, pada saat nanti pemesanan kamu hanya perlu copy paste, lebih cepat.

5. Siapkan alat pembayaran, jika tak ingin ribet, disarankan pakai e-banking, dan jika ingin pakai atm bersama, pastikan atm tersebut dekat dan bisa melakukan pembayaran tiket kereta. Karena biasanya pemesanan online hanya memberikan waktu 1,5 jam untuk pembayaran. Jadi jangan sampai kamu sudah pesan tapi gagal bayar ya.

6. Sabar, ini yang paling penting, saat server down, aplikasi error jangan cepat putus asa, meskipun baru 30 menit dibuka sudah habis, sabar dulu dan terus tetap coba lagi dan lagi.

Biasanya meskipun sudah habis pada pukul Pukul 00.30, saat di cek sekitar pukul 1 lewat bisa jadi masih ada beberapa, hal ini bisa saja karena mungkin pemesan sebelumnya kehabisan waktu untuk membayar tiketnya.

Terakhir, dari faktor keberuntungan diri kamu sendiri, karena saingan tempat dudukmu ada ribuan orang, mereka melakukan usaha yang sama seperti ini. Tapi optimis ya, jika sudah berusaha keras pasti dapat! Selamat berjuang para pemudik 2017 !.

Penulis:

Nazhifatun Nurul - Jurnalika

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Sering Stres Sebelum Traveling? Ini Tips untuk Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
Penjelasan KAI Soal Situs Pemesanan Tiket yang Sulit Diakses