Sukses

12 Cara Paling Ampuh untuk Menghemat Baterai Laptop

Liputan6.com, Jakarta - Zaman semakin maju, kebutuhan akan sehari-hari terus meningkat. Jika dahulu laptop berukuran cukup tebal, bobotnya bera dan kinerjanya pun pas-pasan. Sekarang, desain laptop semakin ramping, tipis dan ringan. Menjadikannya lebih mudah dibawa kemana-mana.

Kemampuannya pun semakin handal, punya performa kencang untuk menunjang produktivitas kamu. Namun, kecanggihan spesifikasi tentu harus diimbangi dengan ketahanan baterai.

Sayangnya, daya tahan baterai laptop belum bisa memenuhi kebutuhan pengguna. Berikut ini cara menghemat baterai laptop, terkhusus Windows 10 agar baterai laptop kamu awet dan tahan lama.

1. Aktifkan Mode Battery Saver

Windows 10 dilengkapi dengan dua mode daya, yakni mode penghemat baterai dan mode normal. Nah, cara paling mudah untuk menghemat baterai laptop adalah dengan mengaktifkan mode 'battery saver'.

Fitur ini akan secara otomatis memanajemen penggunaan daya di laptop Windows 10 sehingga lebih hemat. Secara default, mode battery saver akan aktif ketika baterai laptop kamu sisa 20%.

Kamu bisa menaikkan persentase ini jika kamu sering bekerja secara mobile dan butuh menghemat daya agar baterai laptop tahan lebih lama.

Untuk mengaturnya, kamu buka Settings > System > Battery > Battery saver settings > lalu sesuaikan ke persentase yang kamu inginkan.

2. Mengubah 'Power Plan'

Selain mengaktifkan mode battery saver, kamu juga harus mengubah power plan ke power saver agar laptop hemat baterai. Caranya klik kanan ikon baterai > Power Options > ubah ke Power Saver.

Dengan begitu, kamu bisa menggunakan laptop tanpa charging dalam waktu yang selama mungkin. Tentu, performa laptop Windows 10 akan turun.

Windows memang dilengkapi dengan beberapa power plan secara default yang bisa kamu modifikasi, bahkan kamu bisa membuat yang baru dari awal.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
7 Aplikasi Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Baterai Android
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Hemat Baterai Smartphone Tanpa Harus Download Aplikasi