Sukses

“Nusasvara” Promosikan Ekonomi Kreatif dan Budaya Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Perhimpunan Pelajar Indonesia dan Masyarakat Indonesia Birmingham (PPI MIB) akan mengadakan sebuah acara perdana yang bertajuk “Nusasvara”. Acara yang bertujuan untuk mendukung pendidikan anak-anak bangsa, sekaligus mempromosikan potensi ekonomi kreatif dan budaya Indonesia di dunia internasional ini diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi acara rutin tahunan terbesar dari PPI MIB. Acara ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 April dan 6 Mei 2017. Adapun rangkaian kegiatannya meliputi:

1. AcademicTalks, 1 April 2017

Diskusi mengenai potensi hubungan perdagangan Indonesia-UK pasca BREXIT. Di mana pembicara berasal dari para praktisi dan akademisi di bidang ekonomi, sosial, politik, dan kebudayaan.

2. Indonesia Showcase, 1 April 2017

Pemeran potensi-potensi budaya Indonesia melalui bazar kuliner, fashion show (kebaya dan kain-kain tradisional Indonesia) dan penampilan musik tradisional Indonesia (angklung dan musik keroncong). Selain itu, acara ini juga mengusung tema “Volunteering for Children Education in Indonesia”,  jadi setiap partisipan yang hadir dapat sekaligus ikut berdonasi melalui berbagai games-games yang disediakan.

3. Re[sound]nation Concert, 7 Mei 2017

Konser musik ini berkonsep penggabungan antara musik tradisional dan populer Indonesia. Salah satu musisi Indonesia yakni tulus akan berpartisipasi untuk menyemarakkan konser ini. Dengan semangat untuk memberikan kesetaraan pendidikan kepada seluruh anak-anak Indonesia maka konser amal ini dibuat, di mana nantinya uang dari hasil penjualan tiket akan didonasikan kepada salah satu NGO di Indonesia yang bergerak dalam bidang pendidikan.

Lebih lanjut, Yanuar Muhammad Najih, mahasiswa pasca sarjana University of Birmingham jurusan Railway Systems Engineering,  yang berperan sebagai ketua dari acara ini berpendapat bahwa

“Nusasvaraproject adalah manifestasi dari kecintaan masyarakat Indonesia di Birmingham kepada Tanah Air yang disalurkan dalam bentuk promosi potensi-potensi Indonesia dan penggalangan donasi yang dikemas dalam sebuah acara yang tidak hanya menyenangkan akan tetapi juga memberikan ruang bagi masyarakat untuk saling berinteraksi”.

Penulis:

Fitria Nurbaidah

University of Birmingham

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Duo Mahadewi Bakal Hebohkan Tidung Festival 2017 Kepulauan Seribu
Artikel Selanjutnya
Jalin Co-branding, Logo Pesona Indonesia akan Nongol di Mana-Mana