Sukses

4 Komunitas Ajak Perangi Pelecehan Sekskual dengan Chalk Walk

Liputan6.com, Jakarta Hak-hak perempuan untuk merasa aman dan nyaman berada di ruang publik masih sangat minim di Indonesia. Perempuan merupakan target utama dari aksi pelecehan seksual yang kerap dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Suara perempuan untuk mengeluh akan aksi yang diterimanya juga seakan dirampas dengan komentar-komentar yang justru menyudutkan perempuan tersebut. Dewasa ini, masyarakat lebih mudah untuk menyalahkan korban dari cara berpakaian yang "mengundang".

Foto: Istimewa

Dalam rangka memprotes aksi pelecehan seksual yang makin kerap terjadi, beberapa komunitas yang bersinergi bersama seperti Hollaback! Jakarta, Lentera Sintas Indonesia, Bersama Project dan Lumiere Project mengadakan agenda Chalk Walk yang bertujuan untuk mengajak masyarakat memerangi pelecehan seksual.

Chalk Walk ini akan diadakan di depan Graha Niaga Sudirman pada Minggu, 2 April ini, dari jam 8-10 pagi. Agenda Chalk Walk ini bertepatan dengan diperingatinya International Anti-Street Harassment Week.

Keempat komunitas yang bersinergi ini kerap memprotes aksi pelecehan seksual di akun Instagram mereka, @hollaback_jkt, @lentera_id, @bersamaproject dan @lumiere_project. Mereka memanfaatkan media sosial mereka sebagai wadah bagi korban pelecehan seksual untuk menyampaikan protes mereka.

Dengan hastag #MulaiBicara #GerakBersama #janganmacammacam #PerempuanBersatu dan #endstreetharassment, keempat komunitas ini mengajak para perempuan bersatu untuk memerangi pelecehan seksual.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Demi Biaya Kuliah, Gadis Cantik Rela Diremas Payudaranya
Artikel Selanjutnya
Unik, Pelihara Semut di Akuarium Kini Jadi Tren Kekinian