Sukses

Dibuang Saat Masih Bayi, Gadis Ini Rawat Orangtuanya yang Lumpuh

Pada tahun 2006, bayi perempuan baru lahir ditinggalkan oleh orang tuanya di sebuah rumah sakit

Liputan6.com, Jakarta Pada tahun 2006, bayi perempuan baru lahir ditinggalkan oleh orang tuanya di sebuah rumah sakit di Guangdong, China. Namun seorang petani bermarga Zhang, yang saat itu berada di rumah sakit yang sama, memutuskan untuk mengadopsi bayi mungil itu.

Gadis itu diberi nama Xiao Qi. Saat itu Zhang baru saja kehilangan bayinya. Istrinya mengalami keguguran dan diprediksi tidak bisa hamil lagi.

Pada 2010, Zhang didiagnosa menderita stroke hingga akhirnya lumpuh. Istri Zhang yang tidak bisa menerima keadaan itu, memilih pergi meninggalkan Zhang dan Xiao Qi.

Melansir World of Buzz, pada 2015, orang tua asli Xiao Qi tiba-tiba muncul dan ingin membawa Xiao Qi. Namun gadis itu menolak, meskipun secara hukum, Xiao Qi masih berstatus anak kandung.

"Saat itu, aku tidak menyelesaikan syarat adopsi dengan baik," ujar Zhang.

Bukannya ikut bersama orang tua kandungnya, Xiao Qi memutuskan tinggal bersama Zhang. Gadis yang menginjak usia 11 tahun itu memutuskan merawat ayah angkatnya yang lumpuh.

Padahal secara finansial, Zhang tergolong tidak mampu dan hanya bergantung pada santunan pemerintah. Namun Xiao Qi bekerja keras mencari bantuan. Sejumlah aktivis yang menaruh iba bersepakat membantu Xiao Qi dan Zhang, termasuk mengiklankannya di media lokal.

Berkat penggalangan dana yang dilakukan oleh sejumlah aktivis dan masyarakat, keduanya sekarang mempunyai cukup uang untuk pengobatan serta perbaikan rumah. Selain itu, beberapa pengusaha juga telah bersedia menanggung biaya pendidikan Xiao Qi.

"Ia punya kesempatan untuk pergi. Jalan hidupnya masih panjang. Tapi ia tidak pergi," ujar Zhang.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.