Sukses

Kisah Perjuangan Dodo, Ingin Jadi Sarjana Pertama di Kampungnya

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara untuk mengubah peradaban adalah dengan pendidikan. Karena itu, setiap anak di mana pun berada harus mendapat pendidikan, baik yang formal maupun informal. Tak terkecuali Dodo, bocah dari Kampung Cibuyutan,

Kampung ini berada di antara lereng Gunung Lingga dan Gunung Sungging, Desa Sukarasa, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya cukup dekat dari Jakarta, ibu kota negara Indoneisa, hanya sekitar 100 kilo meter.

Namun tingkat pendidikan di kampung ini sungguh menyedihkan. Pada 2011, tak ada satu pun anak ini yang mengenyam pendidikan setara SMP, apalagi SMA.

Beruntung, Yayasan Kampung Sarjana Taqwa sejak 2013 mendampingi anak-anak ini dan sekarang beberapa anak sudah kelas 3 SMA dan siap masuk universitas tahun ini. Dua di antaranya adalah Dodo dan harun.

Pekerjaan orangtua Dodo adalah buruh serabutan, sedangkan orangtua Harun adalah petani penggarap. Di tengah keterbatasan dana dan daya mereka tetap memperjuangkan anak-anaknya untuk sekolah setinggi mungkin.

Yuk kita bantu mewujudkan mimpi mereka dengan memberikan donasi melalui kitabisa.com di bawah ini:

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Sosok R.A Kartini Kembali Hadir Melalui Peran Ibu Kembar
Artikel Selanjutnya
Belajar Budi Pekerti di Sakola Ra'jat Iboe Inggit Garnasih