Sukses

Berlian Langka Termahal di Dunia Terjual Rp 950 Miliar

Berlian ini menjadi permata termahal di dunia setelah terjual seharga US$ 71,2 juta atau sekitar Rp 950 miliar.

Liputan6.com, Hong Kong - Sebuah berlian langka berbentuk oval dan dikenal sebagai Pink Star, menjadi permata termahal di dunia setelah terjual seharga US$ 71,2 juta atau sekitar Rp 950 miliar. Berlian tersebut terjual dalam acara lelang di Hong Kong, Selasa (04/03/2017).

Sotheby selaku badan lelang menjual batu permata 59,6 karat tersebut pada Chow Thai Fook Enterprises, keluarga konglomerat yang menjalankan bisnis toko perhiasan. Ketua perusahaan keluarga, Henry Cheng Kar-Shun, sendiri menelepon langsung dalam penawaran tersebut.

"Pemilik berlian ini memecahkan rekor untuk benda paling berharga yang pernah terjual di Asia, serta berlian paling berharga yang pernah terjual di pelelangan," kata Presiden dan CEO Sotheby, Tad Smith seperti dikutip dari Washington Post.

Berlian tersebut ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1999 dan terjual seharga US$ 83 juta pada 2013 di Jenewa. Akan tetapi, sang pembeli Isaac Wolf, gagal melunasi pembayaran sehingga berlian tetap dimiliki Sotheby.

Dengan penjualannya, Pink Star melampaui Oppenheimer Blue sebagai berlian paling mahal di dunia. Oppenheimer Blue terjual seharga US$ 57,5 juta di pelelangan Christie di Jenewa tahun lalu.

Pink Star ditambang oleh De Beers sebagai permata 132,5 karat dan dipoles oleh Steinmets Diamonds selama dua tahun. Bahkan, Gemological Institute of America mengakui berlian tersebut sebagai berlian pink paling mewah dan terbesar yang pernah ada.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini