Sukses

6 Trik Mudah Tingkatkan Kinerja Komputer yang Lemot

Sangat disayangkan apabila komputer kamu sudah punya spesifikasi yang cukup tapi performanya lama-kelamaan semakin menurun.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti pernah menggunakan komputer atau laptop untuk keperluan sehari-hari, baik untuk pekerjaan atau mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah. Untuk mendukung rutinitas kamu pun juga menjejali komputer dengan beragam aplikasi yang digunakan.

Namun, sangat disayangkan apabila komputer kamu sudah punya spesifikasi yang cukup tapi performanya lama-kelamaan semakin menurun. Untuk solusinya, berikut ada enam trik meningkatkan kinerja komputer dengan mudah dan cepat.

1. Uninstall aplikasi yang jarang dipakai

Melakukan uninstall pada aplikasi yang jarang dipakai akan meningkatkan performa komputer sekaligus melegakan ruang penyimpanan. Hapuslah aplikasi yang jarang kamu pakai sekitar dua hingga tiga bulan. Di Windows, kamu bisa melakukan “Uninstall or change program” yang tersedia di menu settings.

Untuk beberapa aplikasi bahkan kamu bisa menggunakan versi web atau portable sehingga bisa disimpan di flashdisk. Selain itu, kamu harus rutin melakukan proses pembersihan komputer, misalnya menggunakan aplikasi CCleaner.

2. Selalu lakukan update

Banyak orang menghindari proses update, baik sistem operasi maupun aplikasi dengan berbagai alasan, misalnya saja boros kuota, ribet dan lain sebagainya. Selalu melakukan proses update nyatanya akan membuat performa komputer menjadi lebih baik dan kencang dari sebelumnya.

Proses update juga meningkatkan tingkat keamanan pada komputer kalian. Buat yang nggak mau ribet dengan urusan update, kamu pun bisa mengaktifkan fitur auto-update pada saat komputer kalian terhubung dengan akses internet.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.