Sukses

Wajah Patung Tugu Pancoran yang Sebenarnya

Selama ini, jarang ada yang melihat bagaimana rupa asli Patung Pancoran.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini, jarang ada yang melihat bagaimana rupa asli Patung Pancoran. Mungkin karena kurangnya dokumentasi foto maupun video yang mengambil gambar dari arah depan. Foto-foto yang umum kita lihat di internet maupun di buku-buku sejarah, hanya dari samping dan bawah.

Patung yang dipahat oleh Edhi Sunarso itu, sejatinya memang tidak menggambarkan satu sosok pahlawan sehingga wajahnya perlu dikenang. Melainkan lebih kepada lambang keperkasaan bangsa Indonesia, khususnya di bidang dirgantara.

Selain itu, letak patung yang berada di ketinggian 27 meter juga tidak memungkinkan orang-orang untuk melihat wajah Patung Pancoran secara langsung.

Namun bertepatan dengan HUT TNI-AU ke-71 yang jatuh pada 9 April lalu, foto wajah Patung Pancoran beredar di media sosial. Rupanya, foto wajah Patung Pancoran itu cukup menyita perhatian masyarakat.

Foto wajah Patung Pancoran pertama kali diunggah di akun Instagram @ryu_rudy. Lengkap dengan caption sejarah dibuatnya Patung Pancoran. Pose patung merupakan hasil peragaan dari Presiden Soekarno sebagai wujud keperkasaan bangsa Indonesia dengan sifat-sifat jujur, berani, dan bersemangat.

Kontan saja, foto wajah Patung Pancoran itu mendapat respons dari netizen. Kebanyakan dari mereka, tidak pernah mengetahui wajah asli Patung Pancoran. Sejak diunggah, foto itu telah disukai 1.000 orang lebih.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini