Sukses

Tak Perlu Service, 8 Trik Ini Atasi Tombol Home iPhone yang Rusak

Liputan6.com, Jakarta - Ketika gadget yang kita miliki hanya mempunyai satu tombol utama, tentu saja kita dapat dibuat pusing apabila tombol tersebut rusak atau tidak berfungsi dengan normal. Contohnya adalah pada produk iPhone. Tombol utama yang berada di bawah layar tersebut sangat rentan terhadap kerusakan.

Mungkin sebagian pengguna menyesalkan kenapa desain iPhone rata-rata seperti itu. Namun, hal itu kini bukan lagi menjadi persoalan yang berarti. Beberapa panduan di bawah ini dapat dicoba untuk mengatasi permasalahan yang muncul pada tombol utama iPhone.

Bagi kalian yang perangkat iPhone-nya masih baik-baik saja, beberapa cara ini juga dapat diaplikasikan agar tombol iPhone dapat awet dan tidak cepat rusak.

1. Kalibrasi Tombol Home

Tombol Home pada iPhone merupakan bagian paling penting. Kalau tombol tersebut rusak, maka iPhone kalian tidak akan bisa digunakan lagi. Namun, ternyata ada cara untuk kalibrasi tombol home dengan mudah. Tombol home akan menjadi keras pada penggunaan yang terlalu lama atau tidak berfungsi utuh karena posisinya yang mungkin saja miring.

Berikut ini cara mengalibrasi tombol home:

  • Jalankan aplikasi apa pun, tahan tombol power sampai muncul “Slide To Power Off”. Biarkan saja tulisan tersebut.
  • Kemudian, lepaskan tombol power.
  • Sekarang, tekan tombol home dengan perlahan, jangan terlalu keras dan tahan sampai kembali ke home screen. Jangan dilepas sampai berhasil.
  • Sekarang coba tekan kembali tombol home, ada perbedaan?
  • Lakukan langkah-langkah di atas apabila tombol home kalian sudah mulai kaku. Jika cara di atas tidak bekerja atau tombol home masih saja kaku, kemungkinan besar tombol tersebut sudah rusak.

2. Menyetel Konektor iPhone

Lamanya pemakaian pada iPhone dapat mengganggu fungsi tombol home. Masalah ini juga dapat ditimbulkan karena konektor charger yang sering dipasang dan dicabut dengan selang waktu yang lama. Akibat konektor tersebut kemungkinan besar tombol home akan bergeser atau miring.

Untuk memperbaiki tombol home, cukup pasang konektor ke iPhone, kemudian tekan dengan lembut konektor ke atas. Cara ini dapat memaksa tombol home untuk naik ke atas hingga dapat berfungsi normal kembali.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
7 Trik Rahasia Optimalkan Kinerja iPhone Kamu
Artikel Selanjutnya
5 Cara Ampuh Atasi Baterai iPhone yang Boros