Sukses

10 Masjid Bersejarah di Indonesia yang Menakjubkan

Berikut ini adalah daftar 10 masjid bersejarah yang populer di Indonesia :

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah negeri dengan muslim terbesar di dunia dan sejarah perkembangan Islam yang sangat kuat dan tersebar luas di hampir seluruh wilayah nusantara sejak jaman kerajaan, penjajahan, dan kemerdekaan hingga saat ini. Tidak terbayangkan bagaimana perjuangan rakyat sejak dulu jika tidak disertai dengan ajaran agama Islam yang mampu menyatukan rakyatnya.

Ada banyak sekali masjid yang digunakan umat Islam untuk beribadah di Indonesia, namun ada sekitar 10 masjid bersejarah yang menjadi saksi perjalanan Islam di tanah air. Berikut ini adalah daftar 10 masjid bersejarah yang populer di Indonesia :

1. Masjid Agung Banten

Salah satu masjid tertua dengan mercusuarnya, dibangun pada sekitaran tahun 1.500 oleh Sultan Maulana Hasanuddin (Kesultanan Banten) yang merupakan anak Sunan Gunung Jati.

2. Masjid Agung Cirebon

Masjid yang terkenal dengan nama Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau masjid Agung Kasepuhan ini disebut sebagai masjid tertua di Cirebon yang dibangun pada tahun 1480. Arsiteknya adalah Sunan Kalijaga yang ditunjuk oleh Sunan Gunung Jati, disampingnya terdapat Banyu Cis Sang Cipta Rasa (sumur zam-zam) yang banyak dikunjungi karena airnya banyak dipercaya berkhasiat.

Selengkapnya baca di sini

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini