Sukses

4 Aplikasi Canggih Ini Ampuh Sembuhkan Kecanduan Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Di era serba digital saat ini seharusnya keberadaan teknologi mampu membuat hidup kita semakin baik dan mudah. Namun, faktanya tak sedikit orang yang justru salah dalam memanfaatkan kemudahan tersebut.

Banyak media-media cetak maupun online yang memberitakan bahwa setiap pengguna smartphone berpotensi untuk kecanduan smartphone. Buktinya bisa kita lihat saat kita berada di keramaian, orang-orang lebih sibuk dengan ponsel dari pada berinteraksi dengan sekelilingnya. Orang juga lebih menikmati bermain bersama gadget ketimbang mengobrol bersama teman-teman dan lain sebagainya.

Nah, bagi kamu yang merasa kecanduan gadget dan ingin segera mengurangi dampak tersebut, yuk coba empat aplikasi ini. Siapa tahu dampak negatif kecanduan smartphone dapat hilang atau setidaknya berkurang. Berikut ulasannya.

1. Forest

Forest merupakan aplikasi unik yang memungkinkan penggunanya untuk menanam secara virtual. Tanaman tersebut akan terus tumbuh dan menjadi sebuah pohon, tergantung seberapa banyak waktu kita fokus untuk tidak menggunakan smartphone. Sebab pohon virtual tersebut akan terus tumbuh selama aplikasi masih terbuka.

Ketika kita membuka aplikasi lain, maka pohon tersebut akan mulai layu, bahkan akhirnya mati. Aplikasi ini bertujuan untuk membuat kita tetap fokus dengan tugas tanpa memperhatikan smartphone terus-menerus.

2. StepLock

StepLock adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengunci aplikasi yang sering kita gunakan. Jadi, cara kerja aplikasi ini adalah menyelesaikan jumlah langkah yang telah kita atur untuk membuka aplikasi favorit.

Aplikasi StepLock mampu memaksa kita untuk bergerak terlebih dahulu demi membuka aplikasi favorit. Hal ini setidaknya mampu membantu kita untuk mengatur waktu agar tidak selalu bermain smartphone.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

[vidio:]()

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik
Artikel Selanjutnya
5 Fitur Populer Smartphone yang Terlupakan