Sukses

Tips Mudah Hemat Baterai Smartphone Tanpa Harus Download Aplikasi

Liputan6.com, Jakarta - Semua smartphone telah dirancang untuk penggunaan daya yang besar. Tapi bete banget kalau harus selalu mengisi daya baterai ponsel kamu. Jika ponsel terlalu sering di charge, daya tahan baterai kamu lama-lama akan berkurang kemudian rusak.

Untuk meminimalisir kerusakan baterai smartphone dan kamu tidak harus selalu men-charge ponsel kamu, berikut tips menghemat baterai smartphone tanpa harus download aplikasi dahulu.

1. Matikan Mode Getar (Vibrations)

Meskipun sinyal getar memudahkan kita untuk tau ada panggilan masuk atau notifikasi lain, hal ini menggunakan banyak daya baterai. Bahkan mode getar menghabiskan lebih banyak baterai daripada mode ringtone. Matikan mode getarnya untuk menjaga daya baterai kamu tetap hemat dan tidak terbuang sia-sia.

2. Kecilkan Brightness di Layarmu

Kita sudah tau bahwa layar smartphone kamulah yang paling banyak mengonsumsi daya baterai selain GPS. Untuk mengurangi konsumsi daya baterai, kamu bisa setting cahaya di layar kamu agar tidak terlalu terang tapi cukup nyaman dilihat mata. Kamu juga bisa menggunakan pengaturan adaptasi terhadap kondisi cahaya langsung dari smartphone kamu.

3. Persingkat Waktu Stand-By (Time-Out) Layar Ponsel

Sudah disinggung sebelumnya bahwa layar ponsel kamu yang menggunakan daya baterai terboros. Maka dari itu persingkatlah waktu time-out atau standby ponsel kamu dengan mengaturnya ke waktu paling cepat. Misal, tadinya kamu atur waktu standby kamu dua menit, bisa kamu ubah hanya menjadi 15 detik saja.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
5 Cara Ampuh Atasi Baterai iPhone yang Boros
Artikel Selanjutnya
12 Cara Paling Ampuh untuk Menghemat Baterai Laptop