Sukses

LP3 UNNES Cari Sosok Guru Inovatif Berhadiah Rp 30 Juta

Liputan6.com, Jakarta Sebagai institusi yang terus berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyadari bahwa guru merupakan komponen penting yang harus diperhatikan.

Dalam Dies Natalis ke-52 UNNES, LP3 kembali menyelenggarakan Lomba Guru Unggul Inovatif Tingkat SMA/MA Se-Jawa Tengah.

Salah satu upaya untuk memacu peningkatan kualitas adalah penyelenggaraan ajang lomba guru. Melalui kegiatan kompetitif ini, LP3 berharap mendapatkan sosok guru unggul dan inovatif yang layak menjadi teladan bagi mahasiswa prodi kependidikan, alumni dan sesama guru.

Ketua LP3 UNNES Dr Abdurrahman menyampaikan, Lomba Guru Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan peningkatan mutu dan profesionalisme guru sangatlah penting. Peningkatan mutu dan profesionalisme guru salah satunya melalui kemampuan mengajar.

Ia juga menyampaikan, lomba ini juga berupaya membantu peningkatan mutu dan profesionalisme guru melalui pengembangkan berbagai sistem pembinaan yang sifatnya memotivasi dan mengembangkan potensi guru. 

Dalam acara ini panitia menanggung seluruh biaya penyelenggaraan lomba dan menyediakan hadiah total senilai 30 (tiga puluh) juta rupiah.

Persyaratan Peserta :

1. Peserta lomba adalah guru SMA/MA dengan kualifikasi akademik minimal Sarjana (S-1) atau Diploma Empat (D-IV) di wilayah Jawa Tengah.

2. Guru yang telah memenangi lomba Guru Unggul Inovatif Tahun 2016 tidak diperkenankan mengikuti lomba tahun ini.

Proses Seleksi :

Seleksi tahap I ditujukan untuk menentukan 20 peserta dengan perangkat pembelajaran terbaik. Peserta mengirimkan file perangkat pembelajaran untuk alokasi waktu 25 menit. Seleksi Tahap II ditujukan untuk memilih 5 peserta terbaik berdasarkan penilaian peer teaching yang diikuti oleh 20 peserta yang lolos seleksi tahap I. Tim Juri akan menentukan 5 peserta terbaik untuk mengikuti babak final.

Seleksi tahap II dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2017.

Babak Final dilaksanakan tanggal 18 Mei 2017, diikuti oleh 5 peserta hasil seleksi tahap kedua. Setiap peserta mendapatkan alokasi waktu 25 menit untuk melaksanakan real teaching melibatkan 20 siswa SMA/MA. Real teaching dilaksanakan di hadapan juri dan audience.

Dewan juri menetapkan pemenang lomba ke dalam 5 peringkat yakni Juara I, Juara II, Juara III, Juara Harapan I, dan Juara Harapan II.

Penulis :

Setiyo

UNNES

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
BUMN Incar Laba Rp 250 Triliun di 2018
Artikel Selanjutnya
Bikin Mewek, Siswa Tak Mampu Jualan Cilok demi Biaya Sekolahnya