Sukses

12 Makanan dan Minuman yang Membuat Orang Cepat Tua

Liputan6.com, Jakarta Mengapa kulit terasa mengendur setelah menjalani serangkainan pesta liburan. Beberapa kegemaran tidak akan membuat usia Anda menua dalam semalam. Namun, mengonsumsi makanan buruk terus-menerus dapat mempercepat proses penuaan kulit (dan gigi) dari waktu ke waktu.

"Apa yang Anda makan dapat memengaruhi kulit Anda menjadi lebih baik atau buruk," kata Ariel Ostad, dokter dari American Academy of Dermatology. Dilansir dari laman Health, berikut ini adalah 12 makanan yang sebaiknya dibatasi agar Anda tak cepat tua.

Permen

Gula yang berlebihan dapat memulai proses glikasi. “Teorinya adalah, ketika Anda makan lebih banyak gula daripada kemampuan memproses sel, molekul gula yang berlebihan bergabung dengan protein, menciptakan advanced glycation end products (yang disingkat AGES)," jelas Ostad. Pada akhirnya AGES dapat merusak kolagen kulit seseorang. Kolagen adalah protein yang dapat membuat kulit kencang dan awet muda.

Terlalu banyak hal-hal manis juga buruk bagi senyum Anda. "Gula yang menempel pada gigi, mendorong bakteri, pembusukan, dan perubahan warnak," kata Brian Kantor, dokter gigi kosmetik yang berpraktik di Kota New York. Jika Anda mengonsumsi makanan manis, berkumurlah untuk menghilangkan penumpukan apapun.

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Unik, Kafe Tidur Ini Dirancang untuk Warga Korsel yang Gila Kerja
Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Android Terbaik untuk Atasi Smartphone Panas