Sukses

Kenalkan, 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Masa

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari aksi mereka, kemampuan yang dimiliki seorang hacker atau peretas memang membuat kita berdecak kagum. Peretas memang seorang yang mempunyai keterampilan dan pengetahuan tentang komputer atau jaringan komputer di atas rata-rata. Mereka bisa mengetahui secara mendalam mengenai kerja suatu sistem, sehingga menjadi orang yang ahli dalam bidang penguasaan sistem, komputer atau jaringan komputer.

Sekarang ini, hacker memang memiliki konotasi negatif. Hal ini karena aksi hacking yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu, seperti mengubah tampilan suatu website, menyisipkan virus dan lainnya. Sebenarnya hacking adalah sebuah ilmu seni keamanan jaringan komputer. Tidak semua peretas itu jahat, ada juga yang baik dan membantu menemukan berbagai celah keamanan untuk kemudian ditambal.

Berikut 10 daftar peretas yang paling terkenal sepanjang masa, seperti dilansir Prophethacker.

1. Julian Assange

Julian Assange adalah seorang penerbit, peretas dan aktivis internet. Namanya menjadi sorotan dunia karena situs yang dibuatnya, Wikileaks yang mengungkapkan dokumen-dokumen rahasia negara dan perusahaan kepada publik. Pada 1987, saat berusia 16 tahun, Julian memulai karirnya di bidang peretas komputer. Ia memakai nama sandi "Mendax."

Bersama dua rekan lain, ia mendirikan sebuah kelompok bernama Internasional Subversives. Julian dan teman-temannya bukanlah perusak program atau situs. Mereka mencuri data-data yang bersifat 'rahasia' dari situs tersebut dan membagikannya kepada umum.

Akhirnya mereka mendirikan Wikileaks. Tujuan awal situs ini adalah membongkar kelakuan perusahaan yang dinilai tidak etis, dan membantu pemberantasan korupsi di lembaga publik. Motto Wikileaks cukup mulia, yakni transparansi atau keterbukaan. Transparansi menciptakan kehidupan lebih baik bagi semua masyarakat. Pengawasan yang baik akan mengurangi korupsi dan memperkuat demokrasi di semua institusi sosial, termasuk pemerintahan, perusahaan dan organisasi lainnya.

2. John McAfee

Peretas paling terkenal sepanjang masa selanjutnya adalah John McAfee. Dia adalah pembuat dan pendiri perusahaan Anti Virus Komputer McAfee. Semua berawal saat ia bekerja di sebuah perusahaan bernama Lockheed, John McAfee menerima sebuah salinan virus komputer bernama Pakistani Brain.

Itu adalah virus komputer yang muncul pada 1986 dan menyerang sistem File Allocation Table DOS, dikenal juga sebagai boot virus. Virus ini dibuat oleh Basid dan Amjad Farooq Alvi yang merupakan salah satu virus berbahaya pada saat itu. Dari situ, John McAfee terdorong untuk membuat perangkat lunak yang bisa mendeteksi dan menghapus virus secara otomatis.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Top 3: Daftar Aplikasi Windows Lawas Paling Populer di Masanya
Artikel Selanjutnya
Top 3: Cara Pasang Kata Sandi di Flashdisk Paling Dicari