Sukses

Perban Canggih, Bisa Pantau Luka dan Lapor ke Dokter

Liputan6.com, Jakarta Ilmuwan di Institute of Life Science di Universitas Swansea menciptakan perban canggih yang dapat memantau luka pasien. Tidak hanya itu, perban itu secara otomatis akan melaporkan kondisi luka kepada dokter.

BBC melaporkan, perban itu akan diuji coba dalam setahun mendatang. Perban itu dibekali dengan teknologi nano 5G yang dapat memantau kondisi luka dalam periode tertentu.

Profesor Marc Clement mengatakan, jika memakai perban itu secara otomatis kondisi luka akan tersambung ke ponsel pintar pasien lewat infrastruktu 5G.

"Kombinasi semua kecanggihan itu membuat dokter tahu kondisi luka dalam suatu waktu yang spesifik dan memutuskan penanganannya kepada individu dan luka tersebut," kata Clement.

Clement mengklaim penemuan perban ini diharapkan mampu menyongsong masa depan yang lebih baik kuhsusunya di dunia kesehatan. Perban itu akan diproduksi dengan menggunakan perangkat cetak 3D.

Tidak hanya luka, perban itu juga dikatakan mampu memeriksa kondisi kesehatan pasien termasuk hal apa yang tidak boleh dilakukan agar luka cepat pulih. Perban itu juga dapat memberitahukan di mana pasien sedang berada.

"Kadangkala kita menghormati dokter sedemikian rupa sehingga kita memberitahu mereka bahwa semua baik-baik saja. Namun di dunia 5G ini semua bukti telah mereka miliki. Dengan begitu, pasien dan dokter bisa bekerja sama menangani penyakit," kata Clement dilansir BBC.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
27 Korban Keracunan Sate Kambing Masih Jalani Perawatan
Artikel Selanjutnya
Bocah Niken yang Lumpuh Usai Divaksin MR Kembali Belajar Duduk