Sukses

Cara Mudah Mengatasi Masalah pada Laptop Windows 10

Ternyata sebagian besar masalah umum di Windows 10 bisa kamu atasi sendiri lho.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pengguna PC atau laptop Windows 10? Seiring dengan waktu, mungkin kamu akan mengalami sejumlah masalah. Entah itu masalah kecil atau besar yang cukup merepotkan.

Jangan dibiarkan, karena sebagian besar masalah umum di Windows 10 bisa kamu atasi sendiri lho. Jadi, jangan sampai produktivitas kamu terganggu. Berikut adalah cara mengatasi masalah di Windows 10.

1. Drive Tidak Tampil di File Explorer

Pernah nggak mengalami data atau folder di komputer kamu lenyap begitu saja bagai ditelan bumi? Padahal kamu merasa nggak pernah menghapusnya, tapi kamu tidak bisa menemukan file tersebut baik di file explorer atau pun recycle bin?

Jika iya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengklik kanan pada ruang kosong dan klik 'Refresh'. Jika itu tidak ampuh, coba restart laptop kamu dulu. Masih nggak muncul juga?

  • Coba buka 'Run' dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan.
  • Lalu ketik compmgmt.msc untuk membuka "Computer management" dan klik "Disk management" untuk menampilkan semua drive di laptop kamu.
  • Pilih salah satu drive, tempat di mana data kamu hilang. Misalnya di drive D dan klik "Change drive letter and paths". 
  • Lalu, ikuti saja intruksi selanjutnya.

2. Kolom Pencarian Hilang dari Start Menu

Kadang-kadang program dapat menonaktifkan kolom pencarian di start menu Windows dan membuatnya tidak dapat diakses. Jika kolom pencarian hilang di start menu, maka kamu dapat dengan mudah mengubahnya kembali.

  • Buka "Control panel" dari start menu.
  • Lalu, klik "Uninstall a program" di bawah menu "Programs."
  • Arahkan fokus kamu ke bagian atas kiri dan klik "Turn Windows features on or off."
  • Dan pastikan kamu sudah mencentang "Windows Search."

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini