Sukses

Ini Cara Tentukan Kewarganegaraan Bayi yang Lahir di Pesawat

Sebetulnya ada aturan bagi ibu hamil yang mau terbang dengan pesawat, usia kandungan yang diizinkan antara usia 24 minggu hingga 34 minggu.

Liputan6.com, Jakarta - Sejarah lahirnya seorang bayi dalam penerbangan pesawat akan terus terulang. Lalu, bagaimana dengan penentuan kewarganegaraan bayi yang lahir di pesawat?

Awal April 2017, para pramugari Turkish Airlines membantu seorang ibu melahirkan bayi mungil nan lucu saat pesawat berada di ketinggian 12.800 kaki dari permukaan laut. Bayi perempuan itu diberi nama Kadiju, sedangkan ibunya bernama Nafi Diaby.

Pesawat tersebut sedang dalam perjalanan dari Guinea Conrakry, Afrika Selatan, menuju ke Istanbul, Turki. Keduanya berhasil diselamatkan dan dalam kondisi normal. Bahkan sang kapten pun sempat berfoto bersama untuk mengabadikan momen langka tersebut.

Sayangnya, beberapa maskapai penerbangan tidak pernah memiliki catatan khusus berapa banyak bayi yang berhasil dilahirkan di pesawat saat sedang dalam perjalanan menuju tujuan.

Sebetulnya ada aturan bagi ibu hamil yang hendak terbang dengan pesawat. Usia kandungan yang diizinkan adalah antara usia 24 minggu hingga 34 minggu. Izin tersebut pun diberikan setelah ada surat referensi dari dokter.

Pertanyaannya, bagaimana cara orang tua mementukan kewarganegaraan bayi yang lahir di pesawat?

Ada sebuah peristiwa sangat unik tentang bayi yang lahir di pesawat. Shona Kirsty Yves dilahirkan di pesawat British Airways saat dalam perjalanan terbang dari Ghana ke Inggris pada 1991.

Shona akhirnya mendapatkan kewarganegaraan Inggris, meskipun demikian pendaftaran kewarganegaraannya tetap harus dilaporkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil.

“Jika penerbangan berasal dari negara yang menandatangani konvensi tentang Pengurangan Perjanjian Tanpa Kewarganegaraan, maka kewarganegaraan ditentukan berdasarkan di mana pesawat tersebut terdaftar,” kata Vaibhav Tanwar, seorang petugas imigrasi senior, seperti dilansir dari Telegraph, pada Senin (17/4/2017).

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.