Sukses

Mahasiswa Indonesia Masuk 5 Besar Kompetisi Internasional Airbus

Liputan6.com, Jakarta - Airbus telah memilih lima tim mahasiswa yang menjadi finalis pada edisi kelima kompetisi Fly Your Ideas. Salah satu tim merupakan tiga mahasiswa asal Indonesia yang sedang berkuliah di Perancis. Gagasan inovatif mereka sukses menembus lebih dari 350 karya lain dalam kompetisi dua tahunan Airbus yang bekerja sama dengan UNESCO tersebut.

Tim Indonesia tersebut diberi nama Tim PassEx. Ketiganya merupakan mahasiswa asal Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di IAE Toulouse, ISAE Supaero, dan Ecole Nationale de l'Aviation Civile (ENAC) Perancis dan dipimpin oleh satu-satunya anggota perempuan mereka, Raisa Rico.

Karya-karya yang terpilih meliputi berbagai jenis inovasi, mulai dari alternatif penciteraan satelit, hingga proses taxiing pesawat yang lebih baik, cara cerdas untuk boarding, ruang baru untuk barang penumpang, dan model bisnis baru dengan menggunakan pesawat Airbus yang sudah ada.

Ide yang diajukan oleh para finalis harus menjawab salah satu dari lima tantangan yang ditentukan Airbus untuk membantu mewujudkan solusi masa depan yang berkelanjutan. Inovasi yang diajukan oleh kelima tim finalis meliputi model bisnis alternatif, pengalaman terbang penumpang, dan operasional penerbangan.

Mewakili sembilan kewarganegaraan dan delapan universitas dari Afrika, Eropa, dan Asia-Pasifik, kelima tim finalis merupakan cerminan dari keberagaman dalam inovasi dan prestasi. Para mahasiswa yang berasal dari berbagai disiplin ilmu ini akan berkompetisi untuk meraih hadiah utama senilai 30.000 Euro.

Kelima tim finalis selanjutnya terbang ke Toulouse, Perancis untuk menghabiskan waktu satu minggu di fasilitas Airbus ProtoSpace untuk mengembangkan purwarupa, menguji, serta memvisualisasikan ide mereka menggunakan perlengkapan canggih dengan panduan oleh Airbus secara personal. Pada akhir minggu, mereka akan mempresentasikan proyek inovatif dan purwarupa mereka di depan sebuah panel yang terdiri atas sejumlah ahli Airbus dan tokoh-tokoh dunia penerbangan maupun akademisi.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Mahasiswa Undip Bentuk 40 Kader Kesehatan Sekolah
Artikel Selanjutnya
Mahasiswa UNY Sukses Ciptakan Alat Penanam Jagung Canggih