Sukses

7 Cara Super Mudah Tingkatkan Keamanan Komputermu

Liputan6.com, Jakarta - Selain menggunakan smartphone, kamu juga sering menggunakan komputer atau laptop dalam keseharian kamu, baik untuk bekerja, kuliah, atau pun sekadar hiburan. Komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet nyatanya bisa mengancam data dan privasi kamu lho.

Maraknya pemberitaan mengenai peretasan yang terjadi di Indonesia, tentu membuat kamu khawatir akan keamanan komputer kamu.

Berikut 7 langkah super mudah untuk meningkatkan keamanan komputer.

1. Gunakan Selalu Incognito Mode Saat Berada di Luar Rumah

Saat kamu berpergian, terkadang kamu memerlukan komputer untuk mengakses email, media sosial, dan sebagainya. Kamu pun bisa mengaksesnya melalui jaringan internet yang tersedia, misalnya di warung internet, perpustakaan, atau hotel.

Fitur incognito mode sangat berguna apabila kamu mengakses data penting saat berselancar internet terutama di tempat publik. Saat masuk dalam mode ini, kamu nggak perlu khawatir data kamu tersimpan, bahkan saat lupa menekan tombol log out sekali pun.

2. Jangan Pernah Lupakan Antivirus

Saat membeli komputer baru, banyak orang khawatir akan fitur keamanannya sehingga menginstall beberapa aplikasi sekaligus, seperti antivirus, antispyware, dan internet security. Tentu hal ini akan membebani kinerja komputer yang berimbas pada performa yang lelet.

Kamu sebenarnya nggak perlu khawatir, karena sistem operasi seperti Windows 10 sudah menyediakan antivirus bawaan. Jika terasa masih kurang, kamu cukup menginstal sebuah antivirus lagi, seperti Avast, AVG, Panda, Kaspersky, dan sebagainya.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
8 Cara Jitu Agar Bisnis Bisa Berkembang Pesat
Artikel Selanjutnya
Mau Makin Cerdas? Manfaatkan Waktu Sendiri dengan Cara Ini