Sukses

Jelajah Wisata Menarik di Kota Kelahiran R.A. Kartini

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sih yang tidak kenal dengan Raden Ajeng Kartini, atau yang sering disebut juga dengan Ibu Kartini. Dia merupakan salah satu sosok perempuan kelahiran Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879. Dia sudah dikenal sebagai seorang tokoh Jawa dan sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia yang menjadi pelopor kebangkitan para perempuan di Indonesia.

Di balik sosoknya yang selalu dikenang sampai saat ini ternyata ada beberapa peninggalan-peninggalan RA Kartini yang wajib kamu ketahui. Nah, buat kamu yang sudah berencana untuk berlibur di Jawa Tengah nanti, terutama mengunjungi Jepara dan Rembang, kamu wajib datang ke beberapa tempat yang akan mengingatkan kamu tentang sosok Raden Ajeng Kartini. 

1. Pendopo Kabupaten Jepara

Raden Ajeng Kartini sempat tinggal dan menetap di Pendopo Kabupaten Jepara semasa ia remaja. Tempat yang bersejarah ini tak boleh kamu lewati tentunya, apalagi demi menyambut Hari Kartini pada 21 April.

Banyak dari pengunjung dan beberapa ahli sejarah menyebutkan, banyaknya kenangan-kenangan dan buah pikiran R.A Kartini dan ide-ide cemerlang yang bermunculan di tempat ini. Selain itu, Kartini memang dibesarkan di tempat ini oleh sang ayah yang juga menjabat sebagai Bupati Jepara pada saat itu. Berlokasi di Jalan RA Kartini, Panggang, Jepara, Jawa Tengah, tempat ini bisa kamu kunjungi secara gratis.

2. Museum Kartini Jepara

Museum yang terletak di Jalan Alun-alun No.1 Desa Panggang, Kecamatan Jepara, Jawa Tengah, ini masih berada dekat dengan Pendopo Kabupaten Jepara. Museum yang telah didirikan sejak 30 Maret 1975 itu ternyata baru diresmikan dua tahun berikutnya, yakni pada tahun 1977 oleh Bupati Soedikto.

Dalam Museum RA Kartini ini, terdiri dari tiga buah gedung yang sudah dibangun di atas area tanah seluas kurang lebih 5.210m2. Hal unik yang perlu kamu ketahui, nama gedung yang berada di tempat ini berinisial Gedung K, Gedung T dan Gedung N yang berarti Kartini.

Tak hanya itu saja, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam koleksi-koleksi yang akan disajikan pada empat ruangan berbeda pada setiap gedung yang ada di Museum RA Kartini ini. Terbagi dalam empat ruangan, kamu wajib menjelajah di semua ruang dan melihat isi dari peninggalan yang sangat bersejarah dan koleksi-koleksi lainnya ya.

Buat yang tertarik untuk berkunjung, museum ini kamu wajib tahu terlebih dahulu jadwal dan harga tiket masuknya.

 

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Semarak SEA Games, Ini 6 Destinasi City Tour di Kuala Lumpur
Artikel Selanjutnya
Menpar Arief Yahya Launching Lampung Krakatau Festival 2017