Sukses

Cara Shutdown Komputer Otomatis Tanpa Software Tambahan

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna komputer pasti tidak asing dengan istilah shutdown. Proses yang ditujukan untuk mematikan komputer ini terbilang penting untuk dilakukan agar performanya tetap ngebut dan komponen komputer kita juga tidak cepat rusak.

Di balik pentingnya melakukan shutdown komputer, kamu pasti pernah lupa tidak melakukannya karena tertidur atau malas, kan? Untuk menghindarinya, kami akan berikan cara shutdown komputer otomatis dalam waktu tertentu.

Jika tidak melakukan proses shutdown, komponen komputer atau laptop kamu akan cepat rusak. Terutama hard disk. Jika kamu mematikan komputer tidak melalui shutdown atau laptop sering mati karena kehabisan baterai bisa menyebabkan hard disk bad sector.

Mengingat bahaya yang ditimbulkan jika tidak melakukan shutdown komputer, mari kita buat komputer atau laptop Windows kamu shutdown otomatis dengan cara berikut

  • Pertama-tama, buka notepad. Kita akan membuat sebuah script 'virus' yang akan membuat laptop atau komputer Windows kamu shutdown secara otomatis.
  • Silakan copy dan paste script berikut ke notepad. Angka 60 pada script mengacu pada satuan detik. Jika angkanya 60, itu artinya satu menit. Jika ingin membuat komputer shutdown otomatis dalam waktu dua jam, silakan ganti angkanya jadi 7200.
  • Selanjutnya, jangan lupa simpan script tadi dengan nama auto shutdown.bat.
  • Jika sudah selesai, tinggal klik file yang kamu buat tadi untuk menjadwalkan shutdown otomatis.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Android Terbaik untuk Atasi Smartphone Panas
Artikel Selanjutnya
Canggih, Meja Ini Bikin Gamers Lebih Nyaman Main Gim