Sukses

Penemuan Koin Emas Kuno di Piano, Nilainya Mencapai Rp 4 Miliar

Nilai 913 koin emas tersebut mencapai empat miliar rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 913 koin emas yang berasal dari masa Victoria ditemukan dalam piano yang disumbangkan ke satu sekolah. Koin-koin tersebut dijahit hati-hati dengan tujuh paket kain dan dompet kulit.

Koin itu kemudian disimpan di bawah papan tuts piano sedemikian rupa sehingga instrumennya bisa dimainkan. Diperkirakan, koin-koin itu berasal dari antara tahun 1847 sampai 1915.

Satu koin emas kuno dari periode tersebut saat ini dihargai antara 200-250 poundsterling atau sekitar 3,5-4,5 juta rupiah. Dengan kata lain, nilai 913 koin emas tersebut mencapai empat miliar rupiah.

Melansir dari The Sun, koin-koin itu nantinya diserahkan pada British Museum. Keberadaan koin emas itu terungkap saat teknisi piano mengecek nada dan menemukan keanehan pada papan tuts piano tersebut.

Sementara juru bicara British Museum mengatakan kalau temuan tersebut adalah yang terbanyak selama ini. Diperkirakan, koin itu sengaja disembunyikan pada masa Perang Dunia I untuk tujuan tertentu.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini