Sukses

Dukung Petisi #JagaHutan untuk Lindungi Hutan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Selama ini, Indonesia belum memiliki hari khusus untuk merayakan kekayaan hutan. Peringatan hari hutan hanya ada pada tingkat global, Hari Hutan Internasional.

Padahal Indonesia merupakan negara yang memiliki hutan terluas ketiga di dunia khusunya hutan hujan tropis. kawasan hutan Indonesia mencapai 133 juta hektare.

Selain itu, hutan di Indonesia dihuni berbagai macam flora dan fauna. Hutan di Indonesia menjadi rumah bagi 10 persen jenis flora di dunia, 12 persen jenis mamalia, dan 17 persen jenis burung. Tak heran jika, Hutan Indonesia menjadi salah satu dari 17 hutan di dunia yang penuh dengan keanekaragaman hayati.

Ketua Perkumpulan Hutan Itu Indonesia, Leony Aurora mengatakan, hutan di Indonesia mempunyai peran besar dalam kehidupan manusia, terlebih untuk masyarakat Indonesia. Maka dari itu, sudah sepantasnya jika masyarakat Indonesia punya Hari Hutan untuk merayakan kekayaan hutan di Indonesia.

Leony menambahkan, peringatan itu bertujuan untuk mendekatkan masyarakat kepada hutan itu sendiri. “Kita merasa hutan itu jauh, bahkan sebagian dari kita belum pernah masuk ke hutan," katanya kepada Liputan6.com.

Oleh karena itu, Leony menggagas petisi #jagahutan di laman change.id. Petisi ini bertujuan supaya masyarakat dapat meminta pemerintah untuk memperkuat perlindungan hutan sebagai bagian penting dari identitas bangsa Indonesia, salah satunya melalui perayaan Hari Hutan Indonesia.

"Dengan petisi #JagaHutan, kita bisa ikut melindungi hutan dan meyakinkan semua pihak bahwa kelestarian hutan Indonesia penting bagi bangsa Indonesia,” kata Leony menegaskan.

Petisi ini sudah diikuti oleh berbagai gerakan seperti Yayasan Sekar Kawung, WRI Indonesia, dan para praktisi lingkungan. Saatnya Anda juga menyuarakan gagasan Anda dengan cara menandatangani petisi berikut di sini.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

Artikel Selanjutnya
Rohingya Lebih dari Sekadar Isu Agama, Kok Aksi di Borobudur?
Artikel Selanjutnya
Camel Petir Kutuk Kebiadaban Pembantaian Rohingya