Sukses

Peduli Lingkungan Sambil Nikmati Musik di Hutan Jakarta

Selain kegiatan sosial, Hutan Jakarta akan dimeriahkan oleh band-band musik Indi serta workshop peduli lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Bumi, berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal ini Dinas Kehutanan, Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Komunitas Seru Bareng Jakarta mempersembahkan “Hutan Jakarta." Kegiatan sosial berbalut kepedulian akan hutan ini diadakan pada Sabtu dan Minggu, 22-23 April 2017, di Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat.

Hutan Jakarta sendiri singkatan dari “Hari Untuk Anak Jakarta.” Dengan jargon “Bukan untuk Hura-Hura!” konsep kegiatan Hutan Jakarta yakni jambore sederhana yang diisi dengan Camping, Kolaborasi Alam, dan Seni. Sasaran peserta Hutan Jakarta tidak lain generasi muda yang merupakan pekerja industri kreatif muda, mahasiswa, dan warga Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan agar para generasi muda, terutama yang belum mengetahui bahwa di Jakarta terdapat banyak sekali hutan kota, makin akrab dengan hutan kota. Terlebih hutan kota bisa dijadikan sebagai sarana kegiatan positif, tempat sharing, dan belajar selain sebagai tujuan alternatif liburan keluarga.

Hutan Jakarta juga berkolaborasi dan mengundang berbagai komunitas kreatif yang ada di Jakarta, seperti Komunitas Foto Kelas Pagi, Komunitas Stand Up, Komunitas Film, Komunitas Puisi, hingga Komunitas Harmonika yang ada di Jakarta.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membuka pintu kolaborasi lain dengan tujuan untuk menghidupkan dan melestarikan hutan kota yang tersebar di DKI Jakarta. Karena setelah di Hutan Kota Srengseng, kegiatan 'Hutan Jakarta' akan berpindah-pindah di setiap Hutan Kota yang ada di Jakarta,” ungkap Julian Riezki mewakili Komunitas Seru Bareng selaku ketua penyelenggara Hutan Jakarta.

Dalam acara ini juga akan ada program pembersihan hutan, menghias hutan kota agar lebih menarik, dan yang utama, workshop peduli lingkungan dan penanaman bibit pohon. Jadi selain peserta mendapatkan pengetahuan baru, hutan tersebut juga mendapatkan pohon-pohon baru yang nantinya berfungsi sebagai paru-paru kota.

Hutan Jakarta juga akan diramaikan oleh musisi-musisi indi yang peduli dengan pengaktifan dan pelestarian hutan kota. Sebut saja Ari Reda, Marco Marche, Sarah N Soul, Rull Darwis hingga salah satu Pendiri Mahasiswa Pecinta Alam, Opa Herman Lantang yang merupakan sahabat dari Soe Hok Gie.

Tunggu apa lagi? Ajak keluarga, teman-teman, dan kenalanmu ke Hutan Jakarta di Hutan Kota Srengseng sekarang juga!

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini