Sukses

Liza Elly, Putri Indonesia 2011 Cermin Emansipasi Perempuan

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya, masyarakat Indonesia memang selalu memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April. Tanggal tersebut merupakan hari lahir dari Raden Ajeng Kartini atau lebih dikenal dengan Kartini. Perempuan kelahiran Jepara, itu merupakan pahlawan emansipasi perempuan. Bahkan berkat dirinya, kini perempuan Indonesia bisa bekerja dan berpendapat layaknya kaum pria.

Liza Elly menjadi salah satu contoh dari perempuan yang sukses berkat adanya emansipasi perempuan. Mengawali karirnya sebagai finalis di Majalah Aneka, perempuan kelahiran 27 Maret 1991, ini juga pernah menyabet gelar Putri Indonesia pada 2011. Selain itu, Liza--panggilan akrabnya-- juga pernah membawa nama Indonesia ke ajang Miss Internasional 2012.

Keberhasilannya dalam kontes kecantikan tersebut sontak membuatnya semakin sukses. Kini istri dari Nicky Tirta tersebut bekerja sebagai seorang presenter. Walaupun demikian, ia tetap tidak pernah menelantarkan keluarga dan anaknya.

"Walaupun sibuk sama pekerjaan, aku tetep punya tanggung jawab untuk mengurus anak dan suamiku. Hari ini saja sama seperti ibu-ibu rumah tangga lainnya aku sudah bangun pagi, ngurusin anak dan bikin makanan," kata Liza saat diwawancarai tim SahabatLiputan6 melalui telepon.

Mantan Miss Indonesia Earth 2010 tersebut juga mengatakan bahwa meski perempuan sudah memilki derajat yang sama dengan laki-laki, seorang perempuan harus tetap mengingat kodratnya. Seorang perempuan tidak boleh menjadi besar kepala dan merasa paling hebat. Tidak boleh menjadi egois dan mementingkan diri sendiri.

"Sesibuk-sibuknya aku sama pekerjaanku, aku harus tetap ingat bahwa aku punya suami dan anak yang harus aku utamakan. Aku harus mengingat bahwa kodratku sebagai perempuan adalah mengurus keluarga bukan hanya bekerja," lanjutnya.

Penulis:

Nadia Donna
Institut Pertanian Bogor

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6