Sukses

36 Tahun Kakek Membelah Gunung Agar Desanya Teraliri Air

Liputan6.com, Tiongkok - Seorang petani di Tiongkok, rela menghabiskan hidupnya selama 36 tahun menggali saluran irigasi dengan melalui tiga gunung dan 10 bukit demi warga di desanya.

Huang Dafa dilaporkan telah membangun enam jalur yang terletak di Provinsi Guizhou tenggara antara tahun 1958 dan 1994. Setelah penduduk desa mengetahui visi kakek Huang, mereka kemudian terinspirasi dan mulai membantu menyelesaikan proyeknya itu.

Penduduk desa bahkan menamai saluran irigasi enam mil dengan Saluran Dafa untuk menghormati pengorbanan pria berusia 81 tahun yang tiada henti untuk membantu penduduk di desa terpencil itu.

Dilansir Nextshark, Senin (24/4/2017), desa yang berada di ketinggian 4.101 kaki di pegunungan Provinsi Guizhou, tersebut memang tidak memiliki sumber air. Penduduk desa bahkan membutuhkan waktu dua jam untuk berjalan ke desa Yebiao, mengantri untuk mengambil air minum.

Sebanyak 1.300 penduduk desa bahkan menggunakan air hujan yang disimpan menggunakan tempat semacam sumur. Untungnya, berkat Huang dan 200 penduduk yang membantunya, kini air mulai mengalir di desa mereka.

Proyek tersebut dimulai setelah Huang terpilih sebagai kepala Desa Caowangba pada tahun 1958. Sejak saat itu, ia mulai memutuskan melakukan sesuatu untuk penduduk desa dengan sedikit pengetahuan tentang irigasi bangunan yang ia ketahui.

Untuk merealisasikan proyek tersebut dengan baik, ia bahkan sering meninggalkan keluarganya untuk bermalam di gua.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.