Sukses

Kulit Telur Ternyata Bisa Dimakan, Manfaatnya Menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta - Kebayakan orang saat mengkonsumsi telur pasti akan membuang kulit telur-nya tanpa memikirkan untuk memakannya. Namun jangan salah, baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan jika kulit telur berkhasiat dan menjadi sumber kalsium yang hebat.

Sebuah ulasan pada tahun 2003, melaporkan jika cangkang telur ditemukan memiliki sejumlah sifat yang baik, terutama saat digiling menjadi bubuk.

Dilansir Elitereaders, Senin (24/4/2017), cangkang telur mengandung 95% kalsium karbonat, maka tak heran jika sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

International Journal of Food Sciences and Nutrition mengungkap jika setengah cangkang telur sudah cukup untuk menyediakan asupan kalsium harian yang disarankan. Untuk membuatnya bekerja, cangkang telur perlu dihancurkan sebelum dikonsumsi.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan kulit secara menyeluruh. Idealnya, kulit telur harus direbus setidaknya selama lima menit untuk membunuh bakteri berbahaya. Membran tidak boleh dilepas karena kaya nutrisi. Setelah itu, kulit telur harus dibirkan mengering untuk kemudian dipanggang selama 10 menit dengan suhu 180 derajat.

Namun, kamu perlu berhati-hati untuk mengkonsumsinya dalam jumlah banyak, karena kulit telur memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Satu cangkang berisi dua gram kalsium dan rata-rata orang dewasa hanya membutuhkan satu gram per hari.

Jadi, kamu kini tak hanya memakan telurnya saja, tapi juga mulai memakan kulit telur-nya. Selain memiliki nilai gizi, memakannya juga bisa menyelamatkan lingkungan.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini