Sukses

Sinergi Bekraf dan idEA Majukan Ekononi Kreatif Digital Indonesia

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), para artis bersinergi wujudkan ekonomi digital kreatif di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pengguna internet aktif adalah pasar yang sangat potensial bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mengungkap, bahwa sekitar 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet dengan total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang.

Melihat besarnya potensi ekonomi digital Indonesia,  Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), para artis, dan pelaku UKM mempunyai inisiatif bersama, berperan aktif dan bersinergi dalam rangka mewujudkan salah satu visi Presiden Joko Widodo menjadikan Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar se Asia Tenggara.

Wujud sinergi ini dituangkan dalam wadah platform ekonomi rakyat digital - Panaya.id. Sebuah platform yang dibangun untuk membantu UKM, yang menggunakan media sosial para artis sebagai alat menjalankan bisnisnya.

“Bekraf mendorong pertumbuhan industri kreatif sebagai tulang punggung ekonomi kreatif dan inilah cita-cita kami bersama, kami mengharapkan adanya perubahan paradigma dari para pelaku industri. E-commerce merupakan salah satu infrastruktur ekonomi kreatif yang diharapkan dapat melakukan akselerasi pertumbuhan penjualan produk-produk kreatif anak bangsa Indonesia, baik di pasar domestik maupun pasar global,” ujar Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui press release yang diterima Liputan6.com, Rabu (25/4/2017).

“Media sosial perkembangannya sangat pesat, dan ini harusnya dimanfaatkan untuk mengembangkan perekonomian rakyat. Kami menyambut baik sinergi ini, bersama pemerintah (Bekraf), idEA dan para pelaku UKM akan membawa dampak positif, bukan saja memperluas pasar tetapi mendorong pemasaran yang kreatif agar para UKM menjadi lebih unggul,” ujar Raffi Ahmad, salah satu artis yang turut mendukung kegiatan ini.

Dukungan dari artis papan atas Indonesia disambut gembira Panaya.ID. “Kami bergembira dengan sambutan positif para artis kami untuk mendukung program pemerintah dan idEA untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan digital. Melalui platform Panaya.id ini para artis akan membantu produk lokal agar dapat menjangkau seluruh Nusantara. Para artis juga mengajak puluhan juta followernya untuk menjadi peritel dengan syarat yang sangat sederhana,” ungkap Hero Tjokroardi, CEO Panaya.ID.

Aulia E Marinto, ketua umum idEA mengatakan, bahwa untuk mengembangkan dan memperkuat ekonomi digital, kita harus merangkul semua pihak, termasuk dari para artis ini.

“Mereka sangat kuat pengaruhnya, coba lihat followers dan fansnya di social media, puluhan juta. Jadi akan sangat strategis kolaborasi dan sinergi ini untuk mendorong berkembangnya e-UKM. Di sisi lain, Pemerintah dan idEA bisa menjembatani hubungan baik tersebut dengan menyiapkan ekosistem yang mendukung kesiapan semua pihak, utamanya untuk mendorong UKM agar mampu jadi pengusaha e-UKM yang bukan saja “siap dan komit” tetapi juga berkualitas,” pungkasnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.